27 Agt 2013

Puskesmas Segiri Gelar "Vitamin A Goes To Public"

Sebagai salah satu nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh, Vitamin A memiliki peran berguna bagi kesehatan mata dan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kekurangan vitamin A dalam jangka waktu lama akan mengakibatkan munculnya gangguan pada mata yang dalam beberapa kasus bisa menyebabkan kebutaan apabila tidak segera mendapatkan asupan Vitamin A eksternal.

Anak yang kekurangan Vitamin A akan mengalami kondisi sakit yang lebih parah, bahkan bisa berujung pada kematian apabila terserang campak, diare, atau penyakit infeksi lainnya. Demikian dijelaskan Pimpinan UPTD Puskesmas Segiri, drg. Deasy Evriyani, Selasa (27/8).

Hal ini dijelaskan berkaitan dengan berlangsungnya Bulan Vitamin A pada bulan Februari dan Agustus. Selain melayani pemberian Vitamin A di Puskesmas dan Posyandu dalam setiap lingkungan RT, Puskesmas Segiri bersama Dinas Kesehatan Kota (DKK) Samarinda juga akan memberikan pelayanan pemberian Vitamin A di beberapa tempat di Samarinda dalam acara bertajuk "Vitamin A Goes To Public" bagi balita usia enam bulan hingga lima tahun.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dimulai hari Kamis (29/8) besok, pemberian Vitamin A akan digelar di Pasar Segiri bersamaan dengan jadwal Puskesmas Keliling (Pusling) pukul 09.00 hingga pukul 12.00 Wita. Dilanjutkan dengan hari Jum'at (30/8) pukul 14.00 hingga pukul 21.00 di Mal Samarinda Square (Robinson) dan hari ketiga Sabtu (31/8) di Mal Lembuswana pukul 14.00 hingga pukul 21.00 Wita. 

Seluruh balita yang ada di Kota Samarinda terutama di tempat-tempat tersebut boleh mendapatkan Vitamin A secara gratis. Kegiatan ini diharapkan dapat mencakup seluruh bayi dan balita untuk mendapatkannya, dan jangan sampai terlambat karena kapsul Vitamin A ini tidak ada diperjualbelikan di pasaran. Dalam kegiatan ini juga ada konsultasi gizi bagi bayi dan balita serta sosialisasi taburia.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar