24 Jun 2013

PERTEMUAN PETUGAS UKS PUSKESMAS KOTA SAMARINDA TAHUN 2013

Sebagai bentuk evaluasi dan peningkatan pengetahuan serta kemampuan teknis pengelola program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Puskesmas maka Dinas Kesehatan Kota Samarinda Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat mengadakan Pertemuan Petugas UKS Puskesmas Kota Samarinda Tahun 2013.

Pertemuan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan Petugas UKS dPuskesmas dalam pelaksanaan Program UKS di wilayah kerjanya masing-masing serta meningkatkan keterampilan praktis dalam pelaksanaan program UKS. 

Program Usaha Kesehatan Sekolah yang dilaksanakan oleh Puskesmas merupakan segala usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan peserta didik pada setiap jalur, jenis dan jenjang pendidikan mulai dari TK/RA sampai SMA/SMK/MA. Untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik dilakukan upaya menanamkan prinsip hidup sehat sedini mungkin melalui pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat.

Peserta pertemuan merupakan pengelola program UKS Puskesmas se-Kota Samarinda sejumlah 22 orang. Pertemuan ini dilaksanakan di OP Room DKK Samarinda jalan Milono Nomor satu Samarinda pada Kamis (20/6). Bertindak sebagai narasumber yaitu Iduarsyah dan Edy Gunawan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur.

Iduarsyah dalam materinya menjelaskan program pelayanan kesehatan di sekolah diutamakan pada upaya peningkatan kesehatan (upaya promotif) dan upaya pencegahan penyakit (upaya preventif). Upaya preventif antara lain dilaksanakan melalui kegiatan penjaringan kesehatan anak sekolah yang dilakukan terhadap anak yang baru masuk sekolah dari tingkat dasar dan lanjutan. Sementara Edy memaparkan promosi kesehatan di sekolah terutama mengenai perilaku hidup bersih dan sehat (phbs) di sekolah.

Dalam pertemuan ini ditampilkan pula presentasi dari petugas UKS Puskesmas Karang Asam, Puskesmas Mangkupalas, dan Puskesmas Air Putih mengenai pelaksanaan program UKS tahun 2012 di puskesmas masing-masing. Tidak lupa dibahas mengenai hasil kerja dan kendala yang dihadapi untuk didiskusikan pemecahan masalahnya secara bersama-sama.

Kiswandi,SKM,M.A.Kes sebagai kepala seksi promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat menegaskan pembinaan dan pengembangan UKS merupakan hal yang sangat penting dalam upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik melalui peningkatan derajat kesehatan. Dengan adanya pertemuan evaluasi bagi petugas UKS Puskesmas se-Kota Samarinda ini diharapkan dapat membantu dalam pelaksanaan Program UKS sehingga UKS berjalan sesuai rencana, dapat berhasil guna dan berdaya guna, mengetahui sejauh mana manfaat maupun keberhasilan dari program yang telah dilaksanakan, serta untuk mengetahui kendala-kendala sekaligus penyimpangan-penyimpangan yang mungkin terjadi baik pada tahap perencanaan pelaksanaan program, proses, maupun hasil dari kegiatan yang dilaksanakan.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar