24 Jun 2013

Lomba Balita Kota Samarinda Tahun 2013

Peserta Lomba Balita Kota Samarinda 2013
Lomba balita Indonesia tingkat kota Samarinda tahun 2013 kembali digelar hari Selasa (11/6) dan Rabu (12/6) di Mal Samarinda Square jalan M.Yamin Samarinda diikuti 20 orang peserta yang mewakili sepuluh Kecamatan di Kota Samarinda. Peserta dibagi menjadi dua kategori umur yaitu umur 6-24 bulan dan 2-5 tahun.

Lomba balita Indonesia mempunyai tujuan untuk meningkatkan kualitas manusia indonesia melalui upaya pembinaan dan pengembangan kesehatan dan kesejahteraan balita yang dimulai sejak dini, sehingga tercipta proses tumbuh kembang yang optimal. 

Secara lebih khusus lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan orang tua dalam membina tumbuh kembang balita secara optimal dan meningkatkan motivasi masyarakat dalam upaya pembinaan dan pengembangan kesehatan/kesejahteraan balita.

Lomba balita indonesia tahun 2013 terasa sangat positif dalam upaya membantu masyarakat untuk lebih berpartisipasi secara aktif dalam upaya pemantauan tumbuh kembang balita, terbukti dengan semakin meningkatnya jumlah peserta yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari Posyandu, Puskesmas, hingga Kecamatan. hal ini patut disyukuri bersama karena dapat menjadi tolak ukur keberhasilan upaya pembinaan masyarakat khususnya kaum ibu di dalam memberikan pola asuh dan perhatian pada anak-anaknya mulai terwujud.

Penilaian pada lomba balita ini meliputi seleksi administrasi, pemeriksaan tinggi badan dan berat badan, pemeriksaan gigi oleh dokter spesialis gigi, penilaian pengetahuan dan keterampilan ibu oleh juri dari PKK, pemeriksaan fisik oleh dokter spesialis anak, dan penilaian perkembangan anak yang dinilai oleh tim psikolog.

Pada acara pengumuman pemenang lomba balita di hari kedua dihadiri oleh Ketua TP PKK Kota Samarinda, Kepala BPMP Kota Samarinda, dan Camat se-kota Samarinda. Dalam sambutannya Ketua TP PKK Kota Samarinda Hj. Puji Syaharie Jaang menyampaikan pesan kepada ibu-ibu yang memiliki balita agar rutin membawa anaknya ke Posyandu serta selalu memperhatikan tumbuh kembang anaknya secara berkesinambungan mengingat anak sebagai generasi penerus masa depan bangsa. 

Ditambahkan pula oleh ibu Puji himbauan untuk menjadikan anak-anak kita sebagai generasi yang cerdas dan berkualitas. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan peran aktif orang tua dengan memberikan pola asuh yang tepat pada anak.

Berikut pemenang lomba balita tingkat kota Samarinda tahun 2013 kategori umur 6-24 bulan : 
- Juara 1 : Kayla Aulia (Kecamatan Samarinda Ilir)
- Juara 2 : Vaila Khairunisa (Kecamatan Samarinda Seberang)
- Juara 3 : Almira Rahmawati Santoso (Kecamatan Samarinda Kota)

dan pemenang kategori umur 2-5 tahun :
- Juara 1 : Anjana Nabilla Zahra (Kecamatan Samarinda Seberang)
- Juara 2 : Yasmin Umi Trista (Kecamatan Samarinda Utara)
- Juara 3 : Muhammad Arzaq Asyaffaf (Kecamatan Samarinda Ulu)


Pemeriksaan Gigi

Pemeriksaan oleh Dokter Spesialis Anak

Penjurian oleh PKK Kota Samarinda

Pemenang 1-3 Kategori Umur 2-5 Tahun

Pemenang 1-3 Kategori Umur 6-24 Bulan


Pemeriksaan Tinggi Badan



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar