1 Mei 2013

Penyuluhan Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Serviks (Papsmear) di Kota Samarinda



Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat khususnya Ibu-Ibu Rumah Tangga Dinas Kesehatan Kota Samarinda bekerja sama dengan SME & SR Partnership Program Region Kalimantan PT. Pertamina (persero) melalui PT. Sinau Sesanti Firdausia menyelenggarakan Penyuluhan Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Serviks (Papsmear) di Kota Samarinda.

dr. Adriansyah dalam penyampaian materi

Kegiatan ini bertujuan agar ibu-ibu rumah tangga bisa mendapatkan pengetahuan tentang bahaya kanker serviks dan pencegahannya sejak dini, serta bisa mendapatkan fasilitas pemeriksaan papsmear secara  gratis. 
Pembukaan oleh Wakil Ketua TP PKK Kota Samarinda

Peserta dalam Penyuluhan Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Serviks (Papsmear) ini adalah 100 orang ibu-ibu rumah tangga yang merupakan kader kesehatan di wilayah kerja puskesmas yang ada di Kota Samarinda. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 1 Mei 2013 bertempat di Aula Manunggal Gedung Korem Samarinda.

Peserta penyuluhan pencegahan dan deteksi dini kanker serviks


Penyuluhan Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Serviks (Papsmear) ini dibuka oleh Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Samarinda Ibu Ir. Hj. Sri Lestari, dalam sambutannya beliau mengungkapkan bahwa semua wanita berisiko terkena   kanker leher rahim yang  menyerang kaum wanita dan jumlah penderitanya meningkat beberapa tahun belakangan ini. Dari seluruh penderita kanker di Indonesia, sepertiganya adalah penderita kanker leher rahim dan  merupakan pembunuh wanita yang menakutkan. 

Sambutan oleh Wakil Ketua TP. PKK Kota Samarinda
Hadir sebagai pembicara dalam Penyuluhan Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Serviks (Papsmear) ini adalah dr. Adriansyah, SpOG bagian obstetri dan ginekologi Rumah Sakit Umum AW. Sjahranie.  Beliau memaparkan mengenai penyakit  Kanker serviks / kanker mulut rahim, bagaimana terjadinya, apa penyebab dan gejala kanker serviks tersebut.  Beliau juga menjelaskan bahwa cara mendeteksi sedini mungkin kanker servik adalah dengan pemeriksaan PAP SMEAR. Setelah penyampaian materi oleh dr. Adriansyah SpOG dilanjutkan oleh sesi tanya jawab yang dipandu oleh dr.H. Boedi Ichwanto dari Dinas Kesehatan Kota Samarinda. Keantusiasan ibu-ibu dalam kegiatan ini sangat  terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada dr. Adriansyah, SpOG.

Tanya jawab oleh peserta


Kegiatan Pemeriksaan Deteksi Dini kanker serviks (papsmear) dilaksanakan setelah sesi tanya jawab selesai. Dalam pemeriksaan tersebut dilakukan screening oleh tenaga kesehatan terlebih dahulu bagi ibu-ibu rumah tangga yang hadir sebagai peserta. Ibu-ibu yang lolos dan memenuhi persyaratan langsung dilakukan pemeriksaan papsmear, dan bagi seluruh peserta yang hadir diberikan sertifikat yang menjelaskan telah mengikuti kegiatan Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Serviks (Papsmear) ini.

Hasil dari pemeriksaan ini akan diberikan  kepada Pihak Puskesmas sehingga peserta dapat langsung mengambil ke masing-masing puskesmas di wilayah tinggalnya.  Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan ibu-ibu rumah tangga dapat menyampaikan informasi tentang bahaya kanker serviks kepada lingkungan sekitarnya terutama ibu-ibu yang belum mendapat kesempatan untuk mengikuti penyuluhan ini.


Promkes Samarinda






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar