LOMBA CERDAS CERMAT DOKTER KECIL SEKOLAH DASAR DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS PASUNDAN TAHUN 2013
 
Sebagai salah satu bentuk pembinan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dengan peningkatan pendidikan kesehatan yang dilaksanakan  secara terpadu, menyeluruh dan berkesinambungan Puskesmas Pasundan Kota Samarinda melaksanakan kegiatan lomba cerdas cermat bagi anak sekolah dasar yang ada di wilayah kerja Puskesmas Pasundan dengan nama kegiatan “Lomba Cerdas Cermat Dokter Kecil”. 
 
Kegiatan ini rutin dilaksanakan tiap tahun dan merupakan salah satu bentuk kegiatan untuk memacu motivasi anak sekolah  dalam mengaplikasikan / menerapkan prinsip-prinsip perilaku hidup bersih dan sehat di tatanan sekolah maupun di tatanan rumah tangga. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang pola hidup bersih dan sehat, menumbuhkan perilaku hidup bersih dan sehat, membentuk kader-kader kesehatan di sekolah dasar yang mencintai kebersihan dan kesehatan, dan meningkatkan kegiatan yang berpandangan pada pola hidup bersih dan sehat baik di dalam lingkungan keluarga dan masyarakat.
 
Lomba Cerdas Cermat Dokter Kecil ini dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 22 April 2013 di Gedung Sekolah Dasar Negeri 015 Jl. Pirus Kelurahan Bugis, Kecamatan Samarinda Kota. Peserta lomba ini adalah 39 siswa dari 13 Sekolah Dasar yang ada di wilayah kerja Puskesmas Pasundan, dimana tiap sekolah diwakili oleh 3 orang siswa. Metode pelaksanaan lomba ini mengadopsi acara di salah satu stasiun TV Swasta yaitu acara “Ranking 1”, dengan memberikan pertanyaan kepada seluruh peserta dan apabila ada jawaban salah maka akan langsung tersisihkan dari lomba ini yang akhirnya tersisa 3 peserta yang terpilih sebagai juara 1 s/d 3.
 
Keluar sebagai juara dalam Lomba Cerdas Cermat Dokter Kecil ini adalah Wida Masruach sebagai juara 1, Nadhifa C P sebagai juara 2, dan Rizy Bakti C sebagai juara 3. Dimana ketiga juara ini merupakan wakil dari SD Muhammadiyah 2 Samarinda. 
 
Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat menanamkan prinsip pola hidup bersih dan sehat sejak dini kepada anak usia sekolah dasar sehingga kita memiliki generasi-generasi muda yang mau mengerti, memahami, menghayati dan mengamalkan prinsip-prinsip hidup bersih dan sehat.  Selain itu para kader kesehatan sekolah ini dapat menjadi agen pembaharuan pola hidup bersih dan sehat baik di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat .