17 Apr 2013

TBC, PENYAKIT MEMATIKAN NAMUN  DAPAT DISEMBUHKAN
 
Penyakit TBC ( Tubeculosis ) adalah penyakit mematikan namun dengan pengobatan yang teratur penyakit ini dapat disembuhkan.
 
Di Indonesia TBC ( Tuberculosis ) merupakan masalah utama kesehatan masyarakat.  Jumlah pasien TB di Indonesia merupakan ke-4 terbanyak di dunia setelah India, Cina dan Afrika dengan jumlah pasien sekitar 10 % dari total jumlah pasien TB di dunia.
 
Berdasarkan survey Rumah Tangga 2004, TB merupakan penyebab kematian nomor 3 terbesar setelah penyakit saluran pernapasan dan kardiovaskuler. TB juga merupakan penyakit nomor 1 setelah penyakit infeksi. Dalam 3 tahun terakhir penderita TB yang diobati terus meningkat dan 90 % diantaranya dapat disembuhkan dan ini dikarenakan pengobatan yang dijalankan dengan teratur melalui pendekatan atau strategi ”DOTS” yaitu pengobatan jangka pendek dengan pengawasan yang ketat.
 
Program penanggulangan penyakit TB dengan strategi DOTS di Samarinda telah dimulai sejak tahun 1997. Sampai dengan akhir tahun 2012 telah dilaksanakan di seluruh Puskesmas yang ada di Kota Samarinda dan 5 rumah sakit pemerintah dan swasta dengan pemberian pelayanan dan obat secara gratis melalui keterpaduan  program Jamkesda atapun Jamkesmas.
 
Dinas Kesehatan Kota Samarinda bersama PPTI Kota Samarinda di Tahun 2013 telah merencanakan untuk lebih menggiatkan kembali program TB yang berbasis masyarakat antara lain dengan menggerakkan kader dan unsur masyarakat dalam menemukan penderita-penderita baru yang masih ada di lingkungan masyarakat serta bersama mengawasai pengobatan hingga sembuh. Melalui pertemuan penguatan jejaring di tingkat kecamatan hingga RT/ RW dan menggandeng puskesmas dan dokter praktek di wilayah kerja, diharapkan semua tujuan tersebut dapat tercapai. Pemberian makanan tambahan kepada pasien juga diberikan dalam upaya membantu proses pengobatan dengan tujuan kesembuhan bagi penderita.
 
Melalui rangkain peringatan hari TB sedunia yang dijadwalkan pada Bulan Mei 2013 oleh Dinas Kesehatan Kota Samarinda bersama PPTI Kota Samarinda, diharapkan dapat membangun kembali kesadaran bersama seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama dalam memberantas penyakit TB di Kota Samarinda.
 
 
 
Untuk Informasi lebih lanjut, hubungi :
Dinas Kesehatan Kota Samarinda
Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan
Jl. Milono no. 1 Samarinda
Tel. (0541) 735660
Fax. (0541) 735606
Email : dinkes_Samarinda@yahoo.co.id
 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar