13 Mei 2013

OUTBOND LANSIA DI WILAYAH PUSKESMAS LEMPAKE


Lanjut Usia (Lansia) adalah seseorang baik wanita maupun laki-laki yang telah berusia 60 tahun ke atas. Lanjut Usia secara fisik tidak dapat dibedakan atas dua yaitu lanjut usia potensial maupun lanjut usia tidak potensial. Beberapa jenis permasalahan yang dialami lanjut usia antara lain secara fisik, mental, sosial dan psikologis. Sehingga hal ini akan mengakibatkan gangguan dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari.
 
Menjadi Lansia merupakan salah satu fase hidup yang akan dialami oleh setiap manusia, meskipun usia bertambah dengan diiringi penurunan fungsi organ tubuh tetapi bukan tidak mungkin Lansia dapat merasakan hidup sehat. Salah satu hal yang paling penting adalah merubah kebiasaan. Tidak hanya meninggalkan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan, tetapi beberapa pola hidup sehat seperti olah raga dan menjaga pola makan memang harus dilaksanakan. Bahkan lebih baik lagi apabila kebiasaan hidup sehat dapat dilakukan sejak dini tanpa harus menunggu usia lanjut. 
  
Bersilaturahmi dan bergembira bersama juga dapat mengurangi tingkat stres yang mungkin dialami para lansia. Hal inilah yang melatarbelakangi diadakannya Outbound Lansia oleh Puskesmas Lempake bekerja sama dengan PT. Kalbe, PT. Lana Harita, PT. DPK dan CV. BMJ pada tanggal 13 April 2013. Dijelaskan oleh Pimpinan Puskesmas Lempake dr.Deasy Nursanti outbound lansia ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi para lansia dengan petugas kesehatan Puskesmas Lempake dan unsur masyarakat di lingkungan Kecamatan Samarinda Utara agar semakin akrab, kompak, memupuk rasa kekeluargaan, bergembira dan menghilangkan stres serta menjadi stimulan dini pemberdayaan lansia yang mandiri dan produktif..
 
Dengan dihadiri oleh Staf Puskesmas Lempake, Staf Kecamatan Samarinda Utara serta Tokoh Masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Lempake, outbond dilaksanakan di Puskesmas Lempake. Peserta outbond berjumlah 50 orang yang berasal dari 4 Posyandu Lansia di wilayah Puskesmas Lempake. Kegiatan yang dilaksanakan dalam outbond ini diantaranya penyuluhan kesehatan, senam lansia, games, serta tidak lupa diberikan hadiah/doorprize. Harapannya Puskesmas Lempake agar kegiatan yang bermanfaat ini dapat rutin dilaksanakan setiap tahunnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar