11 Mar 2013

Puskesmas Lempake Bagi Kartu Jamkesmas Tahun 2013

Pembagian Kartu Jamkesmas Puskesmas Lempake
Pembagian Kartu Jamkesmas tahun 2013 pelaksanaannya saat ini tidak lagi melalui kelurahan/RT tapi tekhnis pembagian di serahkan sepenuhnya kepada Puskesmas, dimana pendistribusiannya diketuai oleh Pimpinan Puskesmas dibantu oleh staf Puskesmas, Sekretaris Kecamatan dan Tokoh Masyarakat. Pihak kelurahan dalam hal ini sebagai perpanjangan tangan Puskesmas dalam rangka menginformasikan kepada warganya bahwa kartu Jamkesmas yg baru sudah terbit dan bisa diambil di Puskesmas di wilayahnya.

Puskesmas Lempake menggunakan 2 cara pembagian kartu Jamkesmas, pertama dengan membuka stand di Puskesmas dan yang kedua dengan cara aktif mendatangi beberapa wilayah yang penduduknya belum ada mengambil kartu di Puskesmas.

Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat) adalah sebuah program jaminan kesehatan untuk warga Indonesia yang memberikan perlindungan sosial dibidang kesehatan untuk menjamin masyarakat miskin dan tidak mampu yang iurannya dibayar oleh pemerintah agar kebutuhan dasar kesehatannya yang layak dapat terpenuhi. Program ini dijalankan oleh Departemen Kesehatan sejak 2008.

Program Jamkesmas diselenggarakan berdasarkan konsep asuransi sosial. Program ini diselenggarakan secara nasional dengan tujuan untuk : 

1) mewujudkan portabilitas pelayanan sehingga pelayanan rujukan tertinggi yang disediakan Jamkesmas dapat diakses oleh seluruh peserta dari berbagai wilayah 

2) agar terjadi subsidi silang dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh bagi masyarakat miskin

sumber : Puskesmas Lempake

Petugas Pendistribusian Kartu Jamkesmas Tahun 2013 di Puskesmas Lempake


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar