11 Mar 2013

Pelatihan Konseling Gizi Kader Posyandu Puskesmas Sungai Kapih



Sesi Konseling Gizi Bagi Kader Posyandu
Dinas Kesehatan Kota Samarinda terus berupaya dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan pada masyarakat melalui program- program unggulan, salah satunya Puskesmas Sungai Kapih sebagai salah satu dari percontohan  5  Puskesmas Sayang Ibu program binaan Puskesmas Dinas Kesehatan Kota Samarinda dan Dinas Kesehatan Propinsi Kalimantan Timur bekerjasama dengan Adelaide University Australia, dalam peningkatan kualitas pelayanan khususnya menyangkut kesehatan ibu dan kesehatan anak.


Selain program kunjungan rumah ibu hamil terdeteksi resiko tinggi pada wilayah kerja oleh Bidan Puskesmas yang telah dilaksanakan sejak tahun 2012, Puskesmas Sungai Kapih juga bekerjasama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Mulawarman (FKM Unmul) Departemen Gizi, dengan melaksanakan dengan melaksanakan pelatihan Konseling Gizi bagi kader Posyandu wilayah kerja Puskesmas Sungai kapih sejak tahun 2012 sebagai bentuk kegiatan pengabdian masyarakat.


Sesi pertama diadakan pada tanggal 18 desember 2012 dengan narasumber FKM Universitas Mulawarman Ratih Wirapuspita dan Ismail Lamba dengan tema pentingnya ASI bagi bayi, inisiasi menyusu dini bagi ibu yang baru melahirkan serta pengenalan konseling bagi orangtua yang memiliki bayi balita kurang gizi.  Sesi kedua (6/3) sebagai lanjutan materi pelatihan konseling sesi pertama, menitikberatkan peningkatan kemampuan kader posyandu untuk dapat memantau dan  berkomunikasi efektif pada orangtua bayi-balita yang diduga memiliki kondisi kurang gizi ataupun gizi lebih.


Bayi dan balita adalah masa periode emas dalam pertumbuhan, dimana pertumbuhan otak yang paling pesat terjadi pada usia 0-2 tahun. Oleh karena itu, pentingnya pemantauan pertumbuhan bayi-balita dengan datang ke posyandu. Di Posyandu, bayi balita akan dipantau berat badannya setiap bulan sehingga apabila ada masalah pertumbuhan pada bayi balita akan dapat segera terdeteksi dan diberikan konseling oleh kader dan petugas gizi Puskesmas.


Disampaikan oleh Pimpinan Puskesmas Sungai Kapih drg. Rika Ratna Puspita saat penutupan bahwa Pelatihan Kader Posyandu mengenai konseling gizi akan dilanjutkan kembali dengan sesi ketiga pada tahun 2013. Selain itu penyegaran kader posyandu untuk seluruh kader posyandu yang aktif di wilayah kerja Puskesmas Sungai kapih diharapkan dapat terlaksana pada pertengahan tahun 2013. Hal ini dimaksudkan untuk dapat terwujudnya pemberdayaan masyarakat dalam mengurangi masalah gizi bayi dan balita di masyarakat.

Berita lain mengenai Puskesmas Sungai Kapih dan jadwal kegiatan kesehatan yang diadakan Puskesmas Sungai Kapih dapat diakses pada www.puskesmas-seikapih.info

ditulis oleh : drg.Rika Ratna Puspita


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar