11 Mar 2013

Minilokakarya Puskesmas Lempake Tahun 2013



Minilokakarya tahunan atau disebut juga evaluasi tahunan dilaksanakan Puskesmas Lempake selama 3 hari berturut-turut mulai tanggal 11 sampai dengan 13 Februari 2013. Minilokakarya ini dihadiri oleh lintas sektor seperti Sekretaris Camat Samarinda Utara serta perwakilan dari Kelurahan Lempake dan Kelurahan Tanah Merah, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Samarinda drg.H.Rustam, serta dr.Kusuma Wijayanti dan drg.Rosnainar dari Dinas Kesehatan Kota Samarinda. 

Diterangkan oleh dr.Deasy Nursanti selaku Pimpinan Puskesmas Lempake, dalam minilok ini ada beberapa program yang pencapaiannya belum sesuai dengan target. Salah satu kendalanya karena gedung puskesmas yang lama (menyewa ruko di di sebrang gedung puskesmas) terlalu sempit sehingga kurang maksimal dalam pelayanan. Namun saat ini telah pindah kembali ke gedung puskesmas yang baru. Harapannya, setelah pindah di gedung yang baru dan lebih luas ini, kinerja Puskesmas akan lebih baik ke depannya.

Dalam kesempatan tersebut dilangsungkan juga acara syukuran gedung Puskesmas yang baru serta perpisahan dengan Pimpinan Puskesmas Lempake sebelumnya dr.Hj.Ronny Setyawati dan perpisahan dengan salah satu staf Puskesmas Lempake H.Subagyo yang berpindah tugas ke DKK.

Saat ini Puskesmas Lempake sedang dalam persiapan menuju pelayanan 24 jam (rawat inap) dimana perlahan-lahan kebutuhan rawat inap sudah mulai dipersiapkan sejak tahun 2012 seperti tempat tidur pasien dan beberapa alat kesehatan. Kebutuhan tenaga/SDM juga sudah mulai disiapkan, terdiri dari 1 orang dokter, 1 orang bidan, 2 orang perawat, dan 1 cleaning service, dan ditambah lagi dengan 3 orang dokter dan 3 orang perawat di awal tahun 2013.

Namun Puskesmas Lempake masih memerlukan tambahan tenaga kesehatan seperti analis, bidan, apoteker, asisten apoteker, dan tenaga penunjang seperti supir, administrasi, laundry, dan satpam. Masalah lain yang belum terselesaikan diantaranya kenaikan daya listrik yang masih 3600 watt sehingga belum bisa menunjang kinerja Puskesmas apalagi untuk rawat inap.


sumber : Puskesmas Lempake


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar