8 Mar 2013

Lomba Cerdas Cermat "Ranking 1" Kader Posyandu Puskesmas Pasundan

Suasana Lomba Cerdas Cermat "Ranking 1"

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan perilaku kader serta menambah motivasi kader dalam mengelola Posyandu, Puskesmas Pasundan menggelar acara yang berjudul Lomba Cerdas Cermat "Ranking 1" Kader Posyandu, Kamis (7/3).

Dijelaskan oleh Pimpinan Puskesmas Pasundan drg.Anita RA Sitorus, nama "rangking 1" dipilih sebagai judul dalam acara ini mengadopsi acara serupa yang ditayangkan di salah satu tv swasta di Indonesia.

Adapun kriteria peserta yang dapat mengikuti Lomba Cerdas Cermat ini yaitu Kader Posyandu yang masih aktif di wilayah Posyandu masing-masing yang termasuk dalam wilayah kerja Puskesmas Pasundan, dan telah mengikuti acara Penyegaran Kader yang diselenggarakan pada tanggal 5 Maret 2013 di Sekretariat Kelurahan Jawa.

Bertempat di Sekretariat atau dikenal dengan Balai Desa Kelurahan Jawa, Lomba Cerdas Cermat ini diikuti sebanyak 40 orang peserta yang merupakan perwakilan dari 13 Posyandu dari 43 Posyandu aktif yang ada di wilayah kerja Puskesmas Pasundan dimana wilayah kerja Puskesmas Pasundan meliputi Kelurahan Bugis, Jawa, dan Teluk Lerong Ilir.

Hadir dalam lomba cerdas cermat ini Camat Samarinda Kota, Pokja IV TP PKK Kota Samarinda, perwakilan dari Kecamatan Samarinda Ulu, Ketua TP PKK Samarinda Kota, Ketua TP PKK Samarinda Ulu, Dinas Kesehatan Kota Samarinda, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan Kota Samarinda, Sekretaris Kelurahan Jawa, serta perwakilan TP PKK Kelurahan Jawa.  

Camat Samarinda Kota Siami Misnam yang membuka acara menyampaikan dalam sambutannya ucapan terima kasih atas kerjasama kader selama ini karena sudah mau bekerja meluangkan waktu dan mengabdi dalam kegiatan di masyarakat walaupun tanpa honor. Disampaikan pula harapan agar semoga Posyandu berjalan semakin baik lagi dan para kader terus belajar meningkatkan keterampilan diri. Tidak lupa Siami juga menyampaikan pesan kepada pihak Puskesmas dan Kelurahan untuk terus meningkatkan koordinasi dengan kecamatan dalam hal kegiatan pemberdayaan masyarakat terutama kader.

Sebelum lomba dimulai terlebih dahulu diberikan pemanasan agar peserta menjadi rileks dan dapat berkonsentrasi dengan baik selama lomba dipandu oleh Ibu Ni Nyoman Artini yang juga merupakan Kepala Tata Usaha Puskesmas Pasundan, untuk selanjutnya diberikan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan kesehatan. Sistem yang digunakan yaitu sistem gugur dimana peserta yang jawabannya salah langsung mundur untuk duduk di belakang dan tidak boleh lagi menjawab pertanyaan selanjutnya. Demikian seterusnya sampai tersisa 3 pemenang untuk kemudian ditentukan sebagai pemenang 1 sampai dengan 3.

Keluar sebagai Pemenang yaitu Juara 1 Wiwid perwakilan dari Posyandu Seroja Kelurahan Bugis, Juara 2 Mirawati perwakilan Posyandu Rindana Kelurahan Jawa, Juara 3 Musrifa perwakilan Posyandu Sehati Kelurahan Bugis, Juara 4 Sri Lestari perwakilan Posyandu Sehati Kelurahan Bugis, dan Juara 5 Sugiana perwakilan dari Posyandu Serumpun Kelurahan Bugis.

Para tamu undangan yang hadir dalam Lomba Cerdas Cermat "Ranking 1"
Pemanasan sebelum dimulainya Lomba


Suasana Peserta Lomba saat menjawab pertanyaan


Pemenang Lomba Cerdas Cermat "Ranking 1"



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar