13 Nov 2012

Puskesmas Mangkupalas berikan Vitamin A pada Masyarakat

Kekurangan vitamin A merupakan salah satu permasalahan gizi yang masih ditemukan di masyarakat Indonesia. Untuk mengantisipasi dan mengatasi permasalahan ini, pemerintah telah membuat kebijakan untuk mendistribusikan kapsul vitamin A dosis tinggi untuk bayi dan balita. Pemberian vitamin A pada bayi dan balita dilakukan secara rutin sebanyak dua kali per tahun, yaitu di bulan Februari dan Agustus. Berdasarkan hal inilah Puskesmas Mangkupalas melaksanakan program pemberian kapsul vitamin A pada bulan Agustus kepada masyarakat yang berada di wilayah kerja Puskesmas yaitu di kelurahan Mesjid.

Diterangkan oleh Ferry Ivana Petugas Promkes Puskesmas Mangkupalas, Vitamin A merupakan salah satu zat gizi esensial yang penting dalam membentuk fungsi kekebalan tubuh balita.  Ada 2 dosis kapsul vitamin A yang berbeda, yang diberikan sesuai indikasi umur anak. Untuk bayi usia 6-11 bulan diberikan kapsul biru yang mengandung 100.000 IU vitamin A. Sedangkan untuk balita usia 12-59 bulan, diberikan kapsul merah yang mengandung 200.000 IU vitamin A. Selain pada bayi dan balita, kapsul vitamin A kapsul merah juga diberikan pada  ibu yang baru melahirkan  sampai 30 hari setelah melahirkan.

Untuk menjadi generasi penerus yang berkualitas dimana anak-anak tumbuh sehat dan cerdas, Vitamin A merupakan salah satu zat gizi mikro yang diperlukan oleh tubuh dengan berbagai manfaat. Kekurangan vitamin A dapat memperparah berbagai penyakit infeksi, seperti campak, diare dan infeksi saluran pernafasan. Kekurangan ini semakin berlanjut dalam jangka panjang maka akan mengakibatkan gangguan pada mata dan berakhir dengan kebutaan.

Dengan adanya pemberian Vitamin A oleh Puskesmas Mangkupalas ke seluruh Posyandu yang ada di Kelurahan Mesjid ini diharapkan dapat mencegah terjadinya kekurangan Vitamin A pada bayi, balita dan ibu nifas yang ada di Kelurahan Mesjid Kecamatan Samarinda Seberang.

Hal yang perlu diingat oleh seluruh masyarakat, jika bayi dan balita telah mendapatkan vitamin A pada bulan Februari maka selanjutnya akan diberi lagi pada bulan Agustus. Bayi atau balita tidak diperbolehkan mendapatkan beberapa kapsul sekaligus pada bulan yang sama (Februari) meskipun ini diberikan gratis atau cuma-cuma, karena segala sesuatu yang berlebihan itu dapat berakibat buruk.

sumber : Promkes Puskesmas Mangkupalas


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar