13 Nov 2012

Tingkatkan Keakraban, Puskesmas Baqa Gelar Outbound Lansia

Lanjut Usia (Lansia) adalah seseorang baik wanita maupun laki-laki yang telah berusia 60 tahun ke atas. Lanjut Usia secara fisik tidak dapat dibedakan atas dua yaitu lanjut usia potensial maupun lanjut usia tidak potensial. Beberapa jenis permasalahan yang dialami lanjut usia antara lain secara fisik, mental, sosial dan psikologis. Sehingga hal ini akan mengakibatkan gangguan dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Menjadi Lansia merupakan salah satu fase hidup yang akan dialami oleh setiap manusia, meskipun usia bertambah dengan diiringi penurunan fungsi organ tubuh tetapi bukan tidak mungkin Lansia dapat merasakan hidup sehat. Salah satu hal yang paling penting adalah merubah kebiasaan. Tidak hanya meninggalkan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan, tetapi beberapa pola hidup sehat seperti olah raga dan menjaga pola makan memang harus dilaksanakan. Bahkan lebih baik lagi apabila kebiasaan hidup sehat dapat dilakukan sejak dini tanpa harus menunggu usia lanjut. 

Bersilaturahmi dan bergembira bersama juga dapat mengurangi tingkat stres yang mungkin dialami para lansia. Hal inilah yang melatarbelakangi diadakannya Outbound Lansia oleh Puskesmas Baqa pada bulan Januari 2012 lalu. Outbound lansia ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi para lansia dengan petugas kesehatan Puskesmas Baqa dan unsur masyarakat di lingkungan Kecamatan Samarinda Seberang agar semakin akrab, kompak dan memupuk rasa kekeluargaan, serta bergembira dan menghilangkan stres.

Dengan dihadiri oleh Ibu Wawali Sri Lestari Nusyirwan, Camat Samarinda Seberang, serta Tokoh Masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Baqa, outbond dilaksanakan di Masjid As Shabirin yang juga merupakan lokasi Posyandu Lansia Sungai Keledang. Peserta outbond berjumlah 120 orang yang terdiri dari kelurahan sungai keledang sebanyak 90 orang dan 30 orang dari kelurahan rapak dalam. Kegiatan yang dilaksanakan dalam outbond ini diantaranya penyuluhan, senam lansia, games, serta tidak lupa diberikan hadiah bagi para pemenang games. Puskesmas Baqa berharap kegiatan yang bermanfaat ini dapat rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

sumber : Puskesmas Baqa






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar