31 Okt 2012

Posyandu Pelita mewakili Kota Samarinda dalam Lomba Posyandu Tingkat Propinsi Kaltim Tahun 2012


Penilaian Lomba Posyandu di Posyandu Pelita
Ketua TP PKK Kota Samarinda Hj.Puji Setyowati didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Samarinda drg.Nina Endang Rahayu beserta Pimpinan dan Staf Puskesmas Palaran, Tim PKK Kecamatan Palaran, dan Kader Posyandu Pelita menyambut kedatangan Tim Penilai Lomba Posyandu tingkat Propinsi Kalimantan Timur Tahun 2012 di Posyandu Pelita Kelurahan Bantuas Kecamatan Palaran Selasa (30/10).

Lomba Posyandu ini dilakukan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Kaltim pada bulan Januari 2013. Selain itu bertujuan mengidentifikasi kinerja Posyandu tingkat Kabupaten dan Kota se-Kaltim untuk mendukung Dinas Kesehatan menurunkan angka kematian ibu dan bayi yang selama ini memang masih relatif tinggi untuk Kaltim. Dan juga mengidentifikasikan strata Posyandu, sehingga dengan penilaian dilakukan bisa diberikan bimbingan langsung kepada Posyandu dalam mendukung pencapaian Millennium Development Goals (MDGs).

Disampaikan oleh Ketua Tim Penilai Sihabudin, seluruh rangkaian penilai Posyandu di 14 Kabupaten dan Kota se-Kaltim diharapkan bisa selesai pada tanggal 7 November 2012. “Mudah-mudahan Posyandu Pelita bisa berhasil sehingga Posyandu di Samarinda diharapkan semakin maju dan lebih baik lagi," ujarnya.

Posyandu Pelita merupakan Posyandu Aktif yang melaksanakan kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh Petugas Kesehatan. Posyandu Pelita merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat Kelurahan Bantuas yang juga dimanfaatkan sebagai sarana untuk PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).

Masyarakat kelurahan Bantuas telah sangat memahami dan menyadari fungsi penting dari Posyandu sehingga para kader dan masyarakat sangat berperan aktif dalam berbagai kegiatan di Posyandu Pelita. 

Keberadaan Posyandu Pelita penting untuk mendukung perbaikan gizi dan kesehatan keluarga, serta mendukung pelayanan KB dan mendukung peranekaragaman pangan. Selain itu, sistem monitoring Posyandu dapat menemukan kasus-kasus gizi kurang pada balita yang ada di Kelurahan Bantuas.

"Keberhasilan yang diraih Posyandu Pelita sampai dengan saat ini berkat peran para Kader dan dukungan Pemerintah khususnya dalam mewujudkan dan melaksanakan berbagai program Posyandu," demikian diterangkan Pimpinan Puskesmas Palaran Veronika Hinum.

Peranan kader pada Posyandu Pelita sangat  membantu memberikan informasi kesehatan tentang anak balita pada orangtuanya dan memberikan informasi seputar kehamilan pada ibu hamil. Selain itu para kader juga memberikan informasi kepada para Ibu mengenai gizi dan kesehatan anak karena pertumbuhan generasi penerus yang cerdas ada di tangan Ibu yang ingin memperbaiki gizi sang buah hati.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar