25 Okt 2012

Kegiatan Promosi Kesehatan Puskesmas Sungai Kapih


Pelaksanaan BIAS pada Siswa SD
Puskesmas Sungai Kapih sebagai salah satu UPTD Dinas Kesehatan kota Samarinda  menjalankan fungsi sebagai pusat pembangunan kesehatan dan menjalankan pelayanan kesehatan secara terpadu. Upaya terpadu tersebut diantaranya upaya pelayanan kesehatan dasar dan pengembangan di wilayah kerjanya. Salah satu upaya pelayanan kesehatan dasar Puskesmas yaitu upaya kesehatan keluarga yang meliputi upaya kesehatan anak sekolah.

Puskesmas  Sungai Kapih berada di wilayah Kelurahan Sungai Kapih Kecamatan Sambutan, dengan luas wilayah kerja meliputi Kelurahan Sungai kapih seluas  1.750 Ha, dan kelurahan Selili seluas 1.490 Ha. 

Puskesmas Sungai Kapih memiliki 8 sekolah Dasar binaan, yaitu SDN 019 SKP, SDN 030 SKP, SDN 033 SKP, SDN 014 Selili, SDN 028 Selili, MIN II Selili, SDN 017 Selili, SDN 036 Sei Lais.

Pada bulan September 2012, Puskesmas Sungai Kapih menjalankan program rutin kesehatan yaitu BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) yang beriringan dengan kegiatan Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah Dasar. Pada periode ini, dilakukan Imunisasi Campak pada siswa kelas 1 SD, Pemeriksaan Kesehatan umum dan gigi siswa, dan Penyuluhan PHBS siswa Sekolah Dasar.

Pada tanggal 18 September tenaga kesehatan Puskesmas Sungai Kapih yang terdiri atas dokter umum, bidan dan perawat mengunjungi SDN 019 Sungai Kapih, dan mengunjungi SDN 030 wilayah Sungai Kapih pada tanggal 21 September 2012.

Siswa-siswi yang dikunjungi sangat antusias dengan kunjungan dari petugas kesehatan Puskesmas Sungai Kapih.  Para siswa berkumpul di ruangan kelas masing-masing  sembari bersiap mendengarkan petugas Sanitarian dari Puskesmas memberikan penyuluhan tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada siswa diruangan.

Penyuluhan PHBS di Sekolah Dasar merupakan salah satu upaya kegiatan Promkes yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan pada siswa tentang pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungannya  untuk menjadi pribadi yang sehat.

Penyuluhan Cuci Tangan pada Siswa SD
Petugas Sanitarian memperagakan cara mencuci tangan pada siswa dan mengajarkan kebiasaan tersebut untuk dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Setelah penyuluhan, para siswa dengan tertib menunggu giliran untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan umum dan gigi mereka. 

Harapan dari kegiatan ini yang akan dilanjutkan pada 6 SD binaan lainnya akan menumbuhkan sikap perilaku hidup bersih dan sehat dalam kegiatan sehari-hari siswa dan dapat membantu meningkatkan taraf hidup sehat masyarakat pada umumnya. 

Untuk kegiatan di bulan berikutnya, Puskesmas Sungai Kapih menjadwalkan kegiatan Vaksinasi TT WUS pada SMP wilayah kerja sungai Kapih disertai penyuluhan mengenai Kesehatan Reproduksi dan Narkoba pada siswa binaan. 

Berita lain mengenai Puskesmas Sungai Kapih dan jadwal Kegiatan kesehatan yang diadakan  Puskesmas Sungai Kapih dapat diakses pada www.puskesmas-seikapih.info

artikel ini ditulis oleh : drg. Rika Ratna Puspita


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar