10 Okt 2012

Pelayanan Kesehatan Lewat Puskesmas Keliling

Kegiatan Pusling UPTD Puskesmas Harapan Baru
Pusat Kesehatan Masyarakat, disingkat Puskesmas, adalah organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata, dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat, dengan peran serta aktif masyarakat dan menggunakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna, dengan biaya yang dapat dipikul oleh pemerintah dan masyarakat. Upaya kesehatan tersebut diselenggarakan dengan menitikberatkan kepada pelayanan untuk masyarakat luas guna mencapai derajad kesehatan yang optimal, tanpa mengabaikan mutu pelayanan kepada perorangan.

Puskesmas merupakan unit pelaksana teknis kesehatan di bawah supervisi Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota. Secara umum, mereka harus memberikan pelayanan preventif, promotif, kuratif sampai dengan rehabilitatif baik melalui upaya kesehatan perorangan (UKP) atau upaya kesehatan masyarakat (UKM). Puskesmas dapat memberikan pelayanan rawat inap selain pelayanan rawat jalan yang disepakati oleh Puskesmas dan Dinas Kesehatan yang bersangkutan. Dalam memberikan pelayanan di masyarakat, Puskesmas biasanya memiliki sub unit pelayanan seperti Puskesmas Pembantu, Puskesmas Keliling, Posyandu, Pos Kesehatan Desa maupun Pos Bersalin Desa (Polindes).

Banyak cara untuk melakukan pelayanan optima kepada masyarakat, salah satunya dengan pelayanan Puskesmas Keliling (Pusling) yang dilakukan oleh UPTD Puskesmas Harapan Baru.  Pusling adalah unit pelayanan kesehatan keliling yang dilengkapi dengan kendaraan bermotor dan peralatan kesehatan, peralatan komunikasi serta sejumlah tenaga yang berasal dari Puskesmas.

Kegiatan pusling merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Puskesmas Harapan Baru setiap bulannya selain pelayanan kesehatan yang dilakukan di UPTD Puskesmas Harapan Baru yang terletak di Jalan Kurnia Makmur No 83 Kecamatan Loa Janan Ilir.

Pusling ini bertujuan untuk mengantisipasi rendahnya akses layanan kesehatan akibat keterbatasan sarana dan tenaga kesehatan serta untuk memberikan  dan memudahkan pengobatan kepada warga  di wilayah kerja Puskesmas Harapan baru baik dari segi biaya maupun dari segi jarak tempuh ke tempat pelayanan kesehatan.

Antusias masyarakat terhadap kegiatan ini cukup besar, hal ini dapat dilihat dari kehadiran pasien usia lanjut (usila) dimana dengan kegiatan Pusling warga yang lanjut usia tidak perlu jauh-jauh datang ke UPTD Puskesmas Harapan Baru karena UPTD Puskesmas Harapan Baru sudah menyediakan fasilitas Pusling yang memang sudah merupakan kegiatan rutin Puskesmas. dr.Opiansyah selaku Kepala UPTD Puskesmas Harapan Baru juga turun tangan membantu melayani pasien pada kunjungan Pusling yang di lakukan di Posyandu Kemangi yang terletak di Kelurahan Rapak Dalam dengan dibantu tenaga medis sebanyak 3 orang. Kepala UPTD Puskesmas Harapan Baru dr.Opiansyah berharap agar kegiatan Pusling ini terus berjalan dengan baik dengan bantuan tenaga medis dan warga yang ingin selalu menjaga manfaat hidup sehat.


artikel ini ditulis oleh Staf Puskesmas Harapan Baru


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar