27 Sep 2012

Studi Banding Puskesmas Baqa ke Desa Siaga Gunung Lingai

Sekretariat Desa Siaga Gunung Lingai
 Desa Siaga Gunung Lingai yang terletak di Kelurahan Gunung Lingai Kecamatan Sungai Pinang memang menyimpan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat sekitarnya. Keistimewaan wilayah ini yaitu merupakan salah satu Kelurahan yang mampu menggerakkan dan memberdayakan masyarakatnya untuk secara mandiri meningkatkan kesadaran terutama di bidang kesehatan.

Desa/Kelurahan Siaga merupakan suatu kondisi masyarakat tingkat desa/kelurahan yang memiliki kemampuan dalam menemukan permasalahan yang ada, kemudian merencanakan dan melakukan pemecahannya sesuai potensi yang dimilikinya, serta selalu siap siaga dalam menghadapi masalah kesehatan, bencana, dan kegawatdaruratan.

Gaung tentang Kelurahan ini menggerakkan Puskesmas Baqa dan Kelurahan Sungai Keledang untuk berkunjung kesana sebagai studi banding dalam rangka merintis pembentukan desa siaga di wilayah Sungai Keledang.

Rombongan yang terdiri dari Sekretaris Lurah Sungai Keledang H. Abdul Kohar dan Staf Kelurahan Sungai Keledang, Kader Posyandu Kelurahan Sungai Keledang, Pimpinan Puskesmas Baqa dr.Dian Sulistya Anggraini, dr.Deasy Nursanti sebagai Dokter Penanggung Jawab Poli KIA/KB/Bumil, Bidan Siaga Kelurahan Sungai Keledang, Penanggung Jawab Dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) dan Petugas Promkes Puskesmas Baqa, serta 1 orang Perawat yang juga merupakan Kepala Puskesmas Pembantu Sungai Keledang, bersama-sama mengunjungi Kelurahan Siaga Gunung Lingai pada hari Selasa (25/9).

Kunjungan rombongan Sungai Keledang ini disambut dengan ramah di Sekretariat Desa Siaga Gunung Lingai oleh Sekretaris Kelurahan Gunung Lingai, Ketua Desa Siaga H.Isman, beserta Kader dan Bidan Desa Gunung Lingai. Bertempat di Sekretariat pula Ketua Desa Siaga yang juga merupakan pensiunan pertanian memaparkan tentang sejarah berdirinya sekretariat tersebut yang dananya bersumber dari sumbangan sukarela masyarakat dan juga dikelola sendiri oleh masyarakat.

Di dalam ruang Sekretariat yang fungsinya menjadi satu dengan Posyandu, rombongan dari Kelurahan Sungai Keledang dapat melihat apa-apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuat desa siaga, mempelajari struktur organisasi, dan kegiatan-kegiatan yang berjalan di Desa Siaga Gunung Lingai.

Sebagai ucapan terima kasih atas penyambutan dari Gunung Lingai dan sebagai kenang-kenangan dalam rangka mempererat silaturahmi, Puskesmas Baqa memberikan bingkisan untuk Sekretariat Desa Siaga Gunung Lingai dan untuk Kelurahan Gunung Lingai.

Selepas dari studi banding ke Kelurahan Gunung Lingai, Kelurahan Sungai Keledang banyak memperoleh ilmu yang sangat berharga yang diharapkan dapat ditiru dan diterapkan di Kelurahan Sungai Keledang. Kelurahan ini juga menindaklanjuti pembentukan Desa Siaga berupa tahap mencari tempat yang pas dan cocok untuk dijadikan sebagai Sekretariat dan menyusun susunan pengurus forum Desa Siaga di Kelurahan Sungai Keledang.

sumber : Puskesmas Baqa

Pemberian Bingkisan sebagai Kenang-kenangan dari Puskesmas Baqa ke Ketua Desa Siaga Gunung Lingai
Rombongan Puskesmas Baqa dan Kelurahan Sungai Keledang berfoto bersama Kader Gunung Lingai




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar