26 Sep 2012

PENINJAUAN DAN PEMBINAAN KELURAHAN BER-PHBS DI KELURAHAN SAMBUTAN


Pembinaan PHBS di Kelurahan Sambutan

Dalam rangka mempersiapkan mengikuti lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tahun 2012 tingkat Provinsi Kalimantan Timur, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Samarinda Hj. Puji Setyowati Ja’ang beserta rombongan Forum Kota Sehat Samarinda dan Dinas Kesehatan Kota Samarinda melakukan kunjungan pada hari Kamis (20/9) guna meninjau dan membina Kelurahan Sambutan tepatnya di RT.8 sebagai kelurahan ber-PHBS. Rombongan disambut oleh Camat Kecamatan Sambutan, Ketua Penggerak PKK Kecamatan Sambutan, Ketua Penggerak PKK Kelurahan Sambutan, Lurah Kelurahan Sambutan, staf Promosi Kesehatan dan staf PHBS Puskesmas Sambutan, serta Ketua RT.8 dan kader PHBS Kelurahan Sambutan.

Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam tatanan rumah tangga merupakan salah satu upaya strategis untuk menggerakkan dan memberdayakan anggota rumah tangga untuk hidup bersih dan sehat. Melalui penerapan 10 indikator PHBS Rumah Tangga, diharapkan setiap rumah tangga tahu, mau dan mampu menolong diri sendiri di bidang kesehatan dengan mengupayakan lingkungan yang sehat, mencegah dan menanggulangi masalah-masalah kesehatan yang dihadapi, serta memanfaatkan pelayanan kesehatan yang ada. Sepuluh indikator PHBS yang dibina yaitu : persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberikan ASI eksklusif bagi bayi usia 0-6 bulan, menimbang bayi dan balita di posyandu setiap bulan, penggunaan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan menggunakan sabun, menggunakan jamban yang sehat, memberantas jentik nyamuk di rumah, makan sayur dan buah setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan tidak merokok di dalam rumah.

Camat Kecamatan Sambutan Hj.Siti Hasanah menyatakan bahwa terpilihnya kelurahan ini khususnya di RT 8 tidak lepas dari peran aktif masyarakat untuk senantiasa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Berawal dari inisiatif  Ketua RT 8 Bapak Ramli beserta warga dan kader PHBS untuk menciptakan lingkungan yang bersih, asri, dan indah, warga pun melakukan gotong-royong secara rutin dan menghias lingkungan tempat tinggal mereka. Selanjutnya, pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat kepada kader PHBS dan warga sekitar dilaksanakan oleh staf PHBS Puskesmas Sambutan, Rusnaini Cudeng dan staf Promosi Kesehatan Puskesmas Sambutan drg.Nadia Tri Handayani Kuncoro.  

Setelah meninjau langsung dan mengobrol dengan warga dan kader PHBS di RT 8, Ibu Puji Setyowati Ja’ang mengharapkan agar Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang telah diterapkan di lingkungan RT 8 ini dapat menginspirasi dan meningkatkan kesadaran warga RT, kelurahan, dan kecamatan lainnya untuk turut berperilaku sehat selamanya dengan melakukan 10 indikator PHBS dalam kehidupan sehari-harinya.

ditulis oleh drg. Nadia TH Kuncoro - Promkes Puskesmas Sambutan









Tidak ada komentar:

Poskan Komentar