26 Sep 2012

Keberhasilan Puskesmas Karang Asam dalam Membina Penerapan PHBS dan P2WKSS di Kelurahan Lok Bahu




Sehat dan kesehatan merupakan hal yang saling berkesinambungan. Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Sehat adalah hak setiap individu, agar dapat melakukan segala aktivitas hidup sehari-hari. Untuk sehat, kita harus berperilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terutama di Rumah Tangga, Rumah Tangga ber-PHBS berarti mampu menjaga, meningkatkan dan melindungi kesehatan setiap anggota rumah tangga dari gangguan ancaman penyakit dan lingkungan yang kurang kondusif untuk hidup bersih dan sehat.
 
PHBS Rumah Tangga merupakan implementasi dalam mewujudkan hak asasi manusia yang patut dihargai dan diperjuangkan oleh semua pihak, termasuk unsur kesehatan seperti Puskesmas Karang Asam.

Puskesmas Karang Asam terletak di Kecamatan Sungai Kunjang mencakup wilayah kerja di tiga kelurahan yaitu kelurahan Karang Asam Ulu, Karang Asam Ilir, dan Lok Bahu. Salah satu kelurahan yang aktif menerapkan PHBS dan merupakan binaan Puskesmas Karang Asam adalah Kelurahan Lok Bahu. Puskesmas Karang Asam terutama Staf Promkes aktif dalam membina Kelurahan Lok Bahu untuk menerapkan PHBS di lingkungan sekitarnya. Pembinaan ini dilaksanakan rutin setiap bulan bersamaan dengan jadwal pembinaan Puskesmas ke masyarakat seperti Posyandu.

Dalam rangka memajukan kegiatan PHBS, Kelurahan Lok Bahu memberikan respon yang positif ditunjukkan dengan masyarakat yang aktif dan peduli pada keadaan lingkungan di sekitarnya. "Beberapa upaya yang dilakukan diantaranya Bank Ramli (Bank Ramah Lingkungan), Gotong Royong dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan kebersihan lingkungan sekitar. Kerja keras ini membuahkan hasil dengan diraihnya Juara 3 Lomba PHBS Tahun 2011 tingkat Propinsi Kalimantan Timur.",demikian disampaikan Pimpinan Puskesmas Karang Asam dr. Nata Siswanto.
Selain meraih prestasi di bidang PHBS, Kelurahan Lok Bahu juga berhasil menjadi Juara 1 Lomba Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat Propinsi Kalimantan Timur. Tidak sampai disitu, Kelurahan Lok Bahu terus menuai prestasi dengan meraih Juara 1 dalam Lomba Hati-Nya (Halaman Asri Teratur Indah-Nyaman) PKK Tingkat Nasional.

sumber : Puskesmas Karang Asam


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar