26 Sep 2012

Bakti Sosial ke Sekolah Dasar dalam rangka Peringatan Bulan Gigi

Dalam rangka Perayaan Bulan Gigi Nasional Tahun 2012, Puskesmas Temindung memfasilitasi Perhimpunan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Samarinda yang bekerja sama dengan BEM UNMUL pada hari Kamis (31/7) mengadakan bakti sosial di Sekolah Dasar yang terletak di wilayah kerja Puskesmas Temindung. Kegiatan ini melibatkan diantaranya Dokter Gigi di Puskesmas Temindung, Ketua BEM UNMUL Surahman, dan drg. Kartikayanti dari PDGI Cabang Samarinda. Sekolah yang dipilih yaitu SDN 032 yang merupakan wilayah kerja Puskesmas Temindung yaitu Kelurahan Mugirejo. Murid yang diperiksa merupakan murid kelas 1 sampai kelas 6 SD berjumlah kurang lebih 200 orang. Sekolah ini dipilih dengan alasan letaknya yang terpencil dan aksesnya jauh dari pelayanan kesehatan.

Kegiatan dalam bakti sosial ini yaitu penyuluhan oleh Puskesmas Temindung tentang kecacingan dan pentingnya mencuci tangan, penyuluhan oleh PDGI tentang kesehatan gigi dan mulut, penyuluhan oleh BEM UNMUL tentang kebersihan lingkungan dan bahaya narkoba. Kegiatan penyuluhan ini kemudian dilanjutkan dengan sikat gigi massal serta pemeriksaan gigi dan mulut oleh Puskesmas Temindung dan PDGI.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu selain mengajarkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat kepada murid SD juga merupakan rangkaian dari sekian kegiatan dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut tanggal 12 September. Sasaran kegiatan yaitu murid SD karena pada masa SD mereka mulai mengalami pergantian dari gigi susu ke gigi dewasa sehingga dengan mengetahui cara merawat gigi dan sikat gigi yg benar maka mencegah kerusakan gigi dewasanya. Sebagai tindak lanjut setelah diperiksa, bagi murid yang kesehatan giginya terganggu bisa dirujuk ke Puskesmas Temindung untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar