26 Sep 2012

Lomba Penyuluhan PHBS Kader Posyandu UPTD Puskesmas Bengkuring

Foto Bersama Para Pemenang dan Juri Lomba Penyuluhan PHBS di Puskesmas Bengkuring


Kamis (13/9) UPTD Puskesmas Bengkuring mengadakan “Lomba Penyuluhan PHBS Kader Posyandu” yang dilaksanakan di Aula Kelurahan Sempaja Selatan Kecamatan Samarinda Utara yang diikuti oleh 9 Posyandu di wilayah kerja UPTD Puskesmas Bengkuring.

PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di Rumah Tangga adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau dan mampu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat.

Topik lomba PHBS itu diantaranya adalah Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, Memberi bayi ASI eksklusif, Menimbang bayi dan balita, Menggunakan air bersih, Mencuci tangan dengan air bersih sabun, Menggunakan jamban sehat, Memberantas jentik di rumah, Makan buah dan sayur setiap hari, Melakukan aktivitas fisik setiap hari dan Tidak merokok di dalam rumah.

Tim juri terdiri dari 3 orang yang kompeten dibidangnya, yaitu Bapak Arifuddin M dari SMK, serta Dyah Rahmawaty dan Mela Sabena dari Dinas Kesehatan Kota Samarinda. Kriteria penilaian lomba didasarkan pada kesesuaian isi presentasi dengan tema, ketepatan isi materi, gaya/mimik dan improvisasi, cara presentasi, ketepatan waktu dan bahasa yang digunakan pada saat penyuluhan. Hasil penilaian memutuskan Juara I Ibu Nurjannah (Posyandu Sehat), Juara II Ibu Kuswardhani (Posyandu Apel), Juara III Ibu Fathul Jannah (Posyandu Asaparagus) serta Juara Favorit dimenangkan oleh Hj. Yuli H (Posyandu Bougenville).

Pemenang dari lomba penyuluhan ini diharapkan dapat memberikan penyuluhan kepada masyarakat di wilayah kerja UPTD Puskesmas Bengkuring sebagai langkah pemberdayaan masyarakat untuk tindakan pencegahan dengan memberikan pemahaman dan pengetahuan terhadap suatu penyakit.


ditulis oleh Tim Promkes Puskesmas Bengkuring


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar