26 Sep 2012

BIAS Campak di Puskesmas Baqa




Imunisasi adalah pemberian vaksin (virus yang dilemahkan) kedalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tersebut, yang diberikan mulai dari lahir sampai awal masa kanak-kanak. Imunisasi yang telah diperoleh pada waktu bayi belum cukup untuk melindungi terhadap penyakit PD3I (Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi) sampai usia anak sekolah. Hal ini disebabkan karena sejak anak mulai memasuki usia sekolah dasar terjadi penurunan terhadap tingkat kekebalan yang diperoleh saat imunisasi ketika bayi. Oleh sebab itu, pemerintah menyelenggarakan imunisasi ulangan pada anak usia sekolah dasar atau sederajat yang pelaksanaannya serentak di Indonesia dengan nama Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) bertujuan untuk memberikan perlindungan bagi anak-anak usia sekolah dasar terhadap penyakit campak, difteri dan tetanus.

Dijelaskan oleh Pimpinan Puskesmas Baqa drg. Dian Sulistya Anggraini, pelaksanaan BIAS di Puskesmas Baqa yaitu BIAS Campak dengan sasaran seluruh murid kelas 1 SD/MI di wilayah kerja Puskesmas Baqa yang berjumlah 13 SD/MI. BIAS Campak ini dilaksanakan selama bulan September 2012 dengan tim yang terdiri dari dokter, perawat, bidan, serta staf analis/kesling/gizi.

Selain pemberian vaksin campak, dicek juga kebersihan diri murid seperti kuku, kulit, mulut, dan telinga. Sambil menunggu giliran divaksin, biasanya murid-murid dihibur dengan bernyanyi dan menari bersama. Tak jarang dilakukan penyuluhan tentang cara cuci tangan yang benar, cara sikat gigi yang baik, dan pemberian informasi kesehatan lainnya.

Sebelum tim Puskesmas Baqa datang ke tiap sekolah, terlebih dahulu mengirimkan surat pemberitahuan ke sekolah sehingga pihak sekolah terutama murid-murid siap dalam menyambut kedatangan tim tersebut. Apabila dalam pelaksanaan BIAS teradpat murid yang tidak masuk sekolah, maka dianjurkan untuk datang ke Puskesmas dan mendapatkan vaksin campak susulan di Puskesmas Baqa.

Pemberian imunisasi pada anak sekolah bertujuan sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif, meningkatkan kemampuan hidup sehat bagi peserta didik dalam lingkungan hidup sehat sehingga peserta didik dapat belajar, tumbuh dan berkembang secara harmonis dan optimal menjadi sumber daya manusia yang lebih berkualitas. 

sumber : Puskesmas Baqa


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar