25 Sep 2012

Pembentukan Forum Kelurahan Siaga dan RT Ber-PHBS





Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan sekumpulan perilaku yang dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, yang menjadikan seseorang atau keluarga dapat menolong diri sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat.

PHBS juga merupakan salah satu pilar utama dalam Indonesia Sehat dan merupakan salah satu strategi untuk mengurangi beban negara dan masyarakat terhadap pembiayaan kesehatan, sehingga penduduknya hidup dalam lingkungan sehat dan memiliki kesiapsiagaan dalam mencegah dan menanggulangi masalah kesehatan yang ada di wilayahnya.

Latar belakang inilah yang mendorong Puskesmas Sempaja menganggap perlu pergerakan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan Program Kelurahan Siaga Aktif dan Rumah Tangga ber-PHBS. Salah satunya melalui musyawarah masyarakat yang dilaksanakan di Puskesmas Pembantu berlokasi di RT 05 jalan Batu Cermin Kelurahan Sempaja Utara pada hari Selasa, 14 Agustus 2012 dengan dihadiri oleh Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Ketua RT, Kader Posyandu, Lurah Kelurahan Sempaja Utara, Bidan Desa Kelurahan Sempaja Utara, serta Pimpinan dan Staf Puskesmas Sempaja seksi Promosi Kesehatan dan Kesehatan Lingkungan.

Musyawarah masyarakat dengan narasumber dari Puskesmas Lempake dan Dinas Kesehatan Kota Samarinda menggunakan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab akhirnya mencapai kesepakatan bersama yaitu pembentukan Forum Kelurahan Siaga dan RT ber-PHBS.

ditulis oleh Promkes Puskesmas Sempaja




 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar