25 Sep 2012

Desa Siaga Kelurahan Lempake

Poskesdes Dusun Siaga Girirejo

Desa Siaga adalah desa yang penduduknya dapat mengakses dengan mudah pelayanan dasar yang memberikan pelayanan setiap hari melalui Pos Kesehatan Desa (Poskesdes), atau sarana kesehatan yang ada di wilayah tersebut seperti Puskesmas, atau sarana kesehatan lainnya, serta penduduknya mengembangkan Usaha Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) dan melaksanakan surveilans berbasis masyarakat, kedaruratan kesehatan dan penaggulangan bencana, serta penyehatan lingkungan sehingga masyarakatnya menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Desa Siaga Kelurahan Lempake mulai dibentuk pada tahun 2006 diawali dengan kegiatan :
a.    Pembentukan Dusun Siaga Girirejo seperti Musyawarah Masyarakat Desa (MMD)
b.    Pendataan Donor Darah
c.    Pendataan Ambulan Desa.

Berdasarkan penjelassan dari Pimpinan Puskesmas Lempake dr. Hj. Ronny Setiawati pada tahun 2009 kegiatan Desa Siaga Kelurahan Lempake semakin berkembang dengan adanya Bidan Desa, serta usulan pembangunan Poskesdes Girirejo dan Muang Dalam dan Revitalisasi Kepengurusan Desa Siaga Kelurahan Lempake. Saat ini Poskesdes Desa Siaga Kelurahan Lempake ada dua, yaitu Poskesdes Girirejo dan Poskesdes Muang Dalam yang selesai dibangun pada tahun 2010.

Kegiatan Desa Siaga Kelurahan Lempake diantaranya :
  • Kegiatan dan Pelayanan Dasar meliputi :
    1. Pendataan KIA
    2. Pemeriksaan dan pertolongan persalinan
    3. Kelas Ibu
    4. Pondok Gizi
    5. Kunjungan Rumah
    6. Stikerisasi P4K
  • Kegiatan pemberdayaan masyarakat terus diupayakan pengembangan melalui UKBM yang ada seperti, Posyandu, TOGA, dan dana sehat. 
  • Kegiatan survailans berbasis masyarakat meliputi pengamatan dan pencatatan penyakit yang diselenggarakan oleh masyarakat (kader) dibantu oleh tenaga kesehatan, kegiatan ini seperti :
    1. Pengamatan dan pemantauan penyakit serta keadaan kesehatan ibu dan anak, gizi, lingkungan, dan perilaku yang dapat menimbulkan masalah kesehatan masyarakat,
    2. Pelaporan Cepat (kurang dari 24 jam) kepada petugas kesehatan untuk respon cepat,
    3. Pencegahan dan penanggulangan sederhana penyakit dan masalah kesehatan
    4. Pelaporan kematian.
  •  Kedaruratan Kesehatan meliputi penyediaan relawan yang bersedia menjadi donor darah dan penyediaan ambulan desa yang menggunakan mobil masyarakat.
  •  Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) yang dilakukan oleh masyarakat termasuk kader seperti terbentuknya kader pemantau jentik serta kawasan bebas jantik.

Kegiatan–kegiatan di Desa Siaga Kelurahan Lempake sangat didukung oleh peran serta masyarakat dan kader, serta kerjasama Puskesmas dengan lintas sektor seperti LPM dan Balai Pertanian.
 

ditulis oleh Sundari - Promkes Puskesmas Lempake



Pembinaan Kader oleh Puskesmas Lempake


Penyuluhan Oleh Bidan

Pemantauan Buku KIA oleh Bidan Siaga

Musyawarah Masyarakat Desa

Penandatanganan Kesepakatan dengan Masyarakat






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar