26 Sep 2012

MENU SEHAT DARI PONDOK GIZI KOMPAK


Demo Pembuatan Formula 100 oleh Persagi Kota Samarinda

Sehat merupakan hak individu, dimana asupan gizi menjadi salah satu kunci sehat. Makanan sehari-hari akan sangat menentukan kualitas kesehatan kita semua. Berbagai penyakit degeneratif yang semakin meningkat akhir-akhir ini salah satu penyebabnya adalah pola makan yang tidak baik. 

Makanan sehari-hari akan sangat menentukan kualitas kesehatan manusia. Makanan yang dikonsumsi berfungsi sebagai sumber energi, zat pembangun dan zat pengatur. Namun seringkali harga yang mahal menjadi alasan atau halangan bagi keluarga untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan enak. Disinilah diperlukan keterampilan seorang ibu rumah tangga untuk pandai menyiasati bagaimana makanan yang dikonsumsi oleh keluarga tetap membawa manfaat tetapi dengan harga yang lebih murah. Pengetahuan ini dapat diperoleh salah satunya dari Penyuluhan yang dilaksanakan oleh Pondok Gizi.

Kegiatan penyuluhan tentang menu sehat gizi seimbang merupakan salah satu dari sekian banyak kegiatan yang dilakukan oleh Pondok Gizi Kompak. Berlokasi di Jalan Bayam 1 Blok E Kelurahan Sempaja Selatan Kecamatan Samarinda Utara, pondok gizi kompak yang pada tahun ini telah mencapai usia 5 tahun berada di wilayah kerja Puskesmas Bengkuring yang dikepalai oleh drg.Deasy Evriyani.

Pada saat perayaan ulang tahun ke 5 pada tanggal 24 Mei 2012 lalu, Pondok Gizi Kompak mengadakan kegiatan Kumpul Kader Sadar Gizi Tahun 2012. Pada saat itu dilaksanakan Lomba Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Pemulihan, Demo Pembuatan Susu Formula 100, Penyuluhan ASI Ekslusif oleh Kader Posyandu, Penyerahan SK Pondok Gizi Kompak oleh PKK Kelurahan Sempaja Selatan, dan Pemberian reward kepada 31 anak Balita dari 2 kali berat badannya tidak naik berturut-turut menjadi naik berat badannya.

Lomba Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Pemulihan diikuti oleh 10 Posyandu Balita di wilayah Puskesmas Bengkuring, 3 Posyandu di wilayah Puskesmas Sempaja dan 1 Posyandu dari Puskesmas Remaja. Tim juri yang terdiri dari 3 orang merupakan perwakilan dari PKK Samarinda, Persatuan Ahli Gizi Indonesia Cabang Samarinda (PERSAGI) dan Dinas Kesehatan Kota Samarinda. Hasil penjurian yang didasarkan pada rasa, penyajian, variasi, kebersihan dan efisiensi dana menentukan Juara I diraih Posyandu Turi Putih dari Puskesmas Bengkuring, Juara II Posyandu Bunga Melati dari Puskesmas Bengkuring dan Juara III Posyandu Apel dari Puskesmas Sempaja.

Lomba-lomba ini diharapkan memberikan semangat dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan para ibu dalam pengolahan makanan di rumah tangga. Dengan pola makan yang baik dan sehat, akan diperoleh hasil yang baik pula yaitu tubuh yang sehat. Oleh karena itu buatlah kehidupan anda selalu menyenangkan dengan pola makan sehat yang dimulai dari menu gizi keluarga.

ditulis oleh Tim Promkes Puskesmas Bengkuring 

Contoh Menu yang Dilombakan



Add caption


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar