26 Sep 2012

Dokter Kecil, Teladan Hidup Sehat Anak Bangsa


Dokter Cilik dan Puskesmas Trauma Centre

Kehidupan yang sehat sangat diperlukan untuk pembangunan kesehatan nasional yang mandiri. Peningkatan kesadaran akan hidup sehat ini sangat diperlukan dan penting untuk diterapkan sejak dini, sehingga diharapkan menjadi kebiasaan yang baik hingga dewasa. Masalah kesehatan pada anak usia Sekolah Dasar (SD) biasanya berkaitan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang seharusnya diterapkan baik di lingkungan tempat tinggal maupun di sekolah.
Mendidik anak untuk membiasakan pola hidup sehat sejak dini memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, menanamkan kebiasaan baik sejak dini merupakan cara yang tepat untuk membuat mereka mengerti akan pentingnya kesehatan dalam hidup. Tidak perlu teori muluk-muluk untuk menancapkan kebiasaan baik pada anak, hanya perlu meberi contoh baik dari hal-hal kecil dan sederhana sehingga mereka menjadi semangat hingga terbiasa dan mau melakukannya tanpa perlu dipaksa.

Untuk penanaman semangat dan kesadaran hidup sehat ini, Puskesmas Trauma Center mengadakan pembinaan dokter kecil di 5 SD/MI wilayah Loa Janan Ilir. Pembinaan dokter kecil ini dilaksanakan di Puskesmas Trauma Centre dengan diikuti 25 siswa berprestasi terpilih dan dilatih selama 2 hari mulai tanggal 31 Agustus sampai dengan 1 September 2012.
Pembicara dan narasumber pada kegiatan ini terdiri dari Pimpinan Puskesmas Trauma Centre dr. Hj. Samriyani Sabang, bersama dengan Staf Puskesmas yaitu drg.Nisa Muthiah, Yulia Widya, Fitri Anjani dan Rusbandi. Materi yang disampaikan meliputi pemeriksaan kesehatan secara umum, kesehatan gigi dan mulut, gizi anak sekolah, dan kesehatan lingkungan.
Dengan dilaksanakannya pembinaan dokter kecil kali ini diharapkan para peserta yang juga sebagai dokter kecil di sekolahnya ini dapat menerapkan ilmu yang didapat. Selain itu mereka juga sebagai penggerak dan teladan hidup sehat dalam lingkup keluarga maupun teman sepermainannya yang bertugas untuk mengajak teman-teman dan keluarganya melakukan kebiasaan hidup sehat. 

ditulis oleh drg. Nisa Muthi'ah - Promkes Puskesmas Trauma Centre











Tidak ada komentar:

Poskan Komentar