27 Feb 2012

Vitamin A Goes To Mall

Petugas Kesehatan memberikan Vitamin A kepada salah satu Balita
Dinas Kesehatan Kota Samarinda tidak henti-hentinya membuat kegiatan inovatif, salah satunya dalam rangka memperluas pemberian informasi tentang pentingnya Vitamin A dan meningkatkan cakupan balita yang menerima vitamin A di Kota Samarinda. Bekerjasama dengan 2 Mall besar di Samarinda kegiatan yang dilaksanakan di Plaza Mulia Sabtu (18/2) untuk tahap 1, dan dilanjutkan pada tahap 2 di Samarinda Square hari Sabtu (25/2) berlangsung lancar. 

Kegiatan yang mengusung tema "Vitamin A Goes To Mall" ini selain memberikan Vitamin A gratis untuk balita usia 6 bulan sampai dengan 5 tahun juga melakukan pengukuran tinggi badan dan berat badan serta konsultasi gizi. Disediakan pula area bermain anak sehingga anak-anak dapat bermain sambil menanti giliran pemberian Vitamin A atau orang tua yang sedang berkonsultasi gizi.

Disampaikan oleh dr.Melliyani Agustini dari DKK Samarinda sebagai koordinator kegiatan, pemberian Vitamin A di Mall ini mendapat antusias yang luar biasa dari pengunjung. Terlihat dari inisiatif orang tua yang datang ke lokasi kegiatan tanpa diminta ataupun datang setelah memperoleh informasi dari petugas kesehatan yang aktif “menjemput bola” kepada orang tua yang membawa balita. 

Tidak sedikit pula orang tua yang awalnya menolak agar anaknya diberikan vitamin A. Pengunjung yang menolak tidak mematahkan semangat petugas kesehatan namun sebaliknya semakin memicu untuk memberikan pemahaman tentang apa itu Vitamin A dan manfaatnya untuk balita. Usaha ini cukup berhasil terbukti dengan perubahan sikap orang tua yang datang kembali ke lokasi kegiatan agar balita mereka juga mendapat Vitamin A baik yang biru maupun merah.

"Pada tahap pertama kegiatan ini berhasil memberikan 76 Vitamin A merah dan 12 Vitamin A biru bagi balita. Namun pada tahap kedua hasil yang didapat dua kali lipat dimana balita yang mendapat Vitamin A merah sebanyak 120 orang dan Vitamin A biru 42 orang", tutur dr.Melliyani.  

Vitamin A diberikan gratis setiap bulan Februari dan Agustus dan dapat diperoleh di Posyandu dan Puskesmas terdekat, memiliki dua jenis yaitu warna biru untuk balita usia 6 sampai 11 bulan dan warna merah untuk balita usia 1 sampai 5 tahun.

Petugas Kesehatan bermain sambil belajar dengan salah satu Balita yang berkunjung
Stand Vitamin A Goes To Mall


Petugas Kesehatan sedang memberikan Konsultasi GIzi kepada Pengunjung

Pengukuran Tinggi Badan oleh Petugas Kesehatan

Penimbangan Berat Badan bagi Balita oleh Petugas Kesehatan


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar