24 Jan 2012

Peringatkan Bahaya Merokok di Pawai Karnaval Etnik


Rokok merupakan benda kecil yang banyak digemari dan telah menjadi gaya hidup bagi banyak orang, laki-laki atau perempuan, termasuk anak-anak dan remaja. Jumlah perokok di Indonesia menduduki peringkat ketiga tertinggi di dunia, dimana angka ini sangat memprihatinkan mengingat bahaya yang akan ditimbulkan di masa mendatang.

Tema inilah yang diangkat oleh Dinas Kesehatan Kota (DKK) Samarinda pada Samarinda Etnic Carnaval dan Pawai hari Minggu (22/1). Acara ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Samarinda ke 344 dan Hari Ulang Tahun Pemerintah Kota Samarinda ke 52 tahun 2012 dengan start di GOR Segiri mengelilingi jalan Kesuma Bangsa, Bhayangkara, Awang Long, KHA Khalid, Abul Hasan, dan berakhir di GOR Segiri. 

Sesuai dengan tema kegiatan yaitu "Samarinda Berbudaya" dan harapan Walikota Samarinda H. Syaharie Jaang yang mengharapkan warga untuk mencintai serta menambah wawasan tentang kebudayaan, DKK Samarinda mengajak seluruh warga khususnya Samarinda untuk mencintai Budaya Bangga Tidak Merokok. Budaya Bangga Tidak Merokok ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dimana pun, dan kapan pun sebagai bentuk kepedulian individu terhadap kesehatannya sendiri maupun kesehatan orang-orang di sekitarnya.


Budaya Bangga Tidak Merokok ini disosialisasikan dalam bentuk "badut" kotak rokok yang menginformasikan bahaya merokok yang akan timbul di kemudian hari bila seseorang menjadi perokok, terutama perokok aktif. Perlu diketahui dalam 1 batang rokok mengandung 4000 bahan kimia dan 43 senyawa yang terbukti menyebabkan kanker. Selain itu juga terkandung nikotin dan tar yang dapat merusak jantung, menyebabkan kanker terutama kanker paru,dan bisa menyebabkan perokok menjadi kecanduan. Dan juga terdapat karbonmonoksida yang merupakan gas beracun penyebab otak, jantung dan organ tubuh penting kekurangan oksigen.

Bagaimana supaya kita terhindar dari merokok? Jangan pernah mencoba untuk merokok, jangan terbujuk rayuan untuk merokok, TEGUR kalau ada yang merokok di dalam ruangan bebas rokok, serta pilih dan bergaullah dengan teman yang tidak merokok.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar