25 Jan 2012

Ada Apa Dibulan Februari ?

"Ada apa dibulan februari? Banyak hal terjadi dibulan februari, Valentine? Ulang Tahun? Tanggal Jadian dengan Pacar? namun ada yg sangat penting terjadi setiap bulan februari, sangat pentingnya karena hal ini menyangkut masa depan. INI SANGAT-SANGAT PENTING!
Bulan Vitamin A jawabannya...ya, sangat penting dan menyangkut masa depan karena vitamin A sangat menentukan keberlangsungan kualitas seseorang dimasa yang akan datang. Anak merupakan aset, aset bangsa, keluarga, orang tua, orang-orang disekelilingnya serta bagi dirinya sendiri. Kenapa disebut sebagai aset? karena perjalanan hidup seorang anak masihlah sangat panjang, masih banyak/besar berbagai kemungkinan bagi seorang anak untuk menjadi seseorang yang berguna bagi bangsa, keluarga dan orang-orang disekelilingnya, disamping kesehatan bagi anak itu sendiri adalah hak asasi, adalah hak seseorang untuk mendapatkan kualitas kesehatan/hidup yang baik.


Kenapa anak-anak kita harus mendapat vitamin A? karena Vitamin A merupakan salah satu zat gizi mikro yang diperlukan oleh tubuh yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan mata. 
Kekurangan vitamin A dapat menimbulkan berbagai penyakit infeksi,seperti campak,diare dan infeksi saluran pernafasan. Apabila seorang anak menderita kekurangan vitamin A, maka penyakit infeksi tersebut akan bertambah parah karena daya tahan tubuh yang menurun.selain itu,kekurangan vitamin A dalam jangka waktu lama akan mengakibatkan gangguan pada mata dan bila tidak segera mendapat vitamin A akan mengakibatkan kebutaan.
Anak-anak umur berapa saja yang mendapatkan vitamin A? Satu kapsul vitamin A biru dengan dosis 100.000 IU diberikan kepada bayi umur 6-11 bulan, kapsul vitamin A merah dengan dosis 200.000 IU diberikan kepada balita umur 12-59 bulan.

Vitamin A merupakan salah satu zat gizi mikro yang diperlukan oleh tubuh yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan mata. Kekurangan vitamin A dapat menimbulkan berbagai penyakit infeksi,seperti campak, diare dan infeksi saluran pernafasan. Apabila seorang anak menderita kekurangan vitamin A, maka penyakit infeksi tersebut akan bertambah parah karena daya tahan tubuh yang menurun.selain itu, kekurangan vitamin A dalam jangka waktu lama akan mengakibatkan gangguan pada mata dan bila tidak segera mendapat vitamin A akan mengakibatkan kebutaan.

Vitamin A tidak dapat dibuat oleh tubuh, sehingga harus dipenuhi dari luar. Vitamin A dapat diperoleh dari Air Susu Ibu (ASI), bahan makanan yang berasal dari hewan (susu, daging, daging ayam, hati, telur) dan sayuran hijau dan jingga (bayam, daun singkong, kangkung, daun katuk, tomat, wortel) serta buah-buahan berwarna merah dan kuning (mangga,pepaya,alpukat,jambu biji merah,pisang). Selain dari bahan makanan, vitamin A juga dapat diperoleh dari kapsul vitamin A.
Satu kapsul vitamin A biru dengan dosis 100.000 IU diberikan kepada bayi umur 6-11 bulan, kapsul vitamin A merah dengan dosis 200.000 IU diberikan kepada balita umur 12-59 bulan.Bayi 6-11 bulan dan balita sakit 12-59,perlu diberikan kapsul vitamin A dosis tinggi,dengan dosis sesuai umur.Untuk Ibu Nifas,mendapatkan dua kapsul vitamin A  merah dengan dosis 200.000 IU. Kapsul pertama diberikan segera setelah melahirkan dan kapsul kedua selang waktu 24 jam, tidak lebih dari 6 minggu setelah melahirkan. Kapsul vitamin A baik yang biru maupun merah dapat diperoleh secara gratis di posyandu

Untuk mencegah kekurangan vitamin A pada Bayi dan Balita, maka dilaksanakan pemberian vitamin A setiap 6 bulan sekali, bulan Februari dan Agustus. Untuk itu bulan Februari identik dengan Bulan Vitamin A.
"Jadi, mari kita bawa anak-anak kita ke Posyandu di bulan Februari ini untuk mendapatkan vitamin A...GERATISSSSSSSS!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar