30 Mei 2011

Peringatan Hari Lansia nasional ke- 15, 29 Mei 2011


Lanjut Usia (Lansia) adalah periode dimana organisme telah mencapai kemasakan dalam ukuran dan fungsi, juga telah menunjukkan kemunduran sejalan dengan waktu . Badan Kesehatan Dunia WHO menetapkan 65 tahun sebagai usia yang menunjukkan proses menua yang berlangsung secara nyata dan seseorang telah disebut lanjut usia. 
Hari Lanjut Usia Nasional merupakan salah satu hari penting di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 29 Mei sebagai wujud kepedulian dan penghargaan terhadap orang lanjut usia. Dinas Kesehatan Kota Samarinda bekerja sama dengan PT. Askes Kalimantan Timur dan Lintas Sektor terkait mengadakan peringatan Hari Lansia Nasional ke 15 tanggal 29 Mei 2011. Kegiatan ini selain bertujuan untuk memperingati Hari Lansia Nasional juga bertujuan sebagai sarana menyebarluaskan informasi kesehatan serta menyebarluaskan semangat menjaga dan memelihara kesehatan kepada masyarakat.
Kegiatan Peringatan Hari Lanjut Usia ini dilaksanakan di Sekitar ruas Jln. Kesuma Bangsa yang bersamaan dengan kegiatan Car Free Day (CFD). Kegiatan yang dimulai pukul 06.30 pagi ini dimulai dengan olah raga sehat bersama lansia kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan seperti tekanan darah, gula darah dan osteoporosis, serta konsultasi kesehatan dan dibarengi dengan berbagai permainan dan pembagiaan doorprize.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 300 orang lansia yang mayoritas berasal dari binaan tiap Puskesmas se-Kota Samarinda, kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Samarinda Bpk. H. Nusyirwan Ismail, Kepala Cabang PT. Askes cabang Utama Samarinda Bpk. dr Hidayat Sumintapura dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Samarinda Ibu drg. Nina Endang Rahayu M.Kes, beserta pimpinan puskesmas se-kota Samarinda. 
Dalam sambutannya Wakil Wali Kota mengatakan "Peringatan lansia ini sebagai wujud kepedulian dan penghargaan terhadap para Lansia, sekaligus menjadi momentum kegiatan olahraga sehat bersama lansia, saya merasa bahagia hari ini melihat lansia hadir dan bersama-sama berbagi kebahagiaan. Walau sebutannya lansia, tapi tetap produktif, karena memang insan yang produktif masih terus berkarya di usia lanjut."

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota  ibu drg. Nina Endang Rahayu M.Kes mengatakan  "kegiatan olah raga sehat bersama lansia dengan tema menggalang kemitraan dan keluarga menuju lanjut Usia sehat dan mandiri ini merupakan kerjasama DKK Samarinda dengan PT. ASKES Cabang Utama Samarinda".

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan agar semua masyarakat dapat terus menghidupkan semangat dengan menjaga kesehatan para lansia sehingga para lansia dapat tetap produktif. Dengan hidup sehat, usia lanjut dapat mencapai masa tua yang bahagia dan berdaya guna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat sesuai dengan keberadaannya.















 







 
  








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar