19 Mei 2011

Pelatihan Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Kulit bagi Kader dan Petugas Puskesmas di Kota Samarinda

Penyakit kulit masih merupakan penyakit ke 3 terbesar di masyarakat, walaupun umumnya tidak menyebabkan kematian, namun dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Faktor yang menyebabkannya, antara lain kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai kulit, cara perawatan kebersihan kulit, pencegahan penyakit kulit, serta pengenalan dan penanggulangan awal penyakit kulit.

Posyandu merupakan ujung tombak kegiatan di masyarakat dalam bidang kesehatan. Kader kesehatan di Posyandu berperan sangat penting dan bertugas, antara lain memberikan penyuluhan kesehatan. Oleh karena itu kader kesehatan perlu mendapat pembekalan pengetahuan mengenai hal-hal yang masih merupakan masalah kesehatan di masyarakat serta cara pencegahan dan penanggulangannya, termasuk di bidang kesehatan kulit. Agar sejalan dengan program pemerintah, untuk kegiatan kali ini, materi difokuskan tentang kesehatan kulit bayi dan anak. Melalui kader kesehatan diharapkan pesan kesehatan dapat diteruskan kepada masyarakat umum sehingga masyarakat dapat secara aktif ikut meningkatkan taraf kesehatannya sendiri.

Didorong oleh kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan kulit serta semangat untuk mensejahterakan masyarakat, terutama di bidang kesehatan kulit; Dinas Kesehatan Kota Samarinda bekerjasama dengan PERDOSKI (Persatuan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia) serta PKK Kota Samarinda menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Kulit.

Pelatihan yang diselenggarakan pada tanggal 5 Mei 2011 di aula pertemuan Gedung PKK Kota Samarinda ini diikuti oleh 31 peserta  yang terdiri dari 21 bidan koordinator dari seluruh puskesmas di Samarinda dan 10 orang kader posyandu dari seluruh kecamatan di samarinda.

Pelatihan ini dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Ibu Hj. Puji Setyowati, SH, M.Hum, Hadir juga Kepala Dinas Kesehatan Kota Samarinda Ibu drg. Nina Endang Rahayu M.Kes dan Ketua PERDOSKI Cabang Kalimantan Timur Bpk. dr.M. Darwis Toena, Sp.KK. memberikan sambutan.

Dalam Pelatihan ini materi di sampaikan oleh dr. Spesialis Kulit dan Kelamin, hadir sebagai pembicara adalah dr. Wijana M.Sp.KK, dr. Agnes Kartini Sp.KK, dr. Destiyana SpKK dan dr. Daulat Sp.KK. Materi yang disampaikan berhubungan dengan Cara perawatan kulit bayi dan anak serta masalah yang sering dijumpai. Setelah penyampaian materi, dilakukan juga praktek perawatan kulit dan praktek penyuluhan masyarakat yang dilakukan oleh bidan koordinator dan kader posyandu. Sebelum diberikan materi para peserta di berikan post test untuk mengetahui pengetahuan para peserta mengenai kesehatan kulit bayi dan anak kemudian Untuk mengetahui peningkatan pengetahuan para peserta setelah diberikan materi  maka dilakukan pasca test dan hasil yang didapatkan pengetahuan para peserta meningkat.

Acara ini ditutup dengan pembagian sertifikat kepada peserta yang mendapatkan hasil test yang paling tinggi oleh Ketua PERDOSKI Cabang Kalimantan Timur Dr. Darwis Toena Sp.KK. Setelah diadakannya pelatihan ini diharapkan pengetahuan yang didapatkan oleh Petugas Puskesmas dan Kader Posyandu dapat diterapkan dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya di bidang kesehatan kulit, melalui peningkatan pemberdayaan masyarakat di sekitar Posyandu dalam pencegahan dan penanggulangan sementara penyakit kulit pada bayi dan anak.







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar