19 Mei 2011

Sosialisasi & Pemantapan Desa Siaga Kelurahan Pelita

Desa Siaga adalah desa atau kelurahan yang memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan, termasuk bencana dan kegawatdaruratan kesehatan, secara mandiri. Tujuan Desa Siaga yaitu terwujudnya desa atau kelurahan dengan masyarakat yang sehat, peduli dan tanggap terhadap masalah-masalah kesehatan di kelurahannya atau lingkungan sekitarnya. Dasar pembentukan Desa Siaga adalah Keputusan Menteri Kesehatan No 564 Tahun 2006. 

Berdasarkan tujuan tersebut, Kelurahan Pelita menyambut baik rencana pemerintah tersebut dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan dan keaktifan masyarakatnya dengan mengadakan Sosialisasi dan Pemantapan dibentuknya Desa Siaga Aktif Kelurahan Pelita. Sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Senin tanggal 9 Mei 2011 di Aula Kelurahan Pelita Jalan Lambung Mangkurat Samarinda, yang dihadiri oleh Lurah Pelita dan Staf, Kader PKK dan Posyandu Kelurahan Pelita, bidan Desa Siaga Kelurahan Pelita Nurlita, serta Hj. Masni Musa, SPd, MKes sebagai nara sumber dari Dinas Kesehatan Kota Samarinda.

Dalam sosialisasi ini disampaikan oleh Ibu Hj. Masni Musa tentang pentingnya dibentuk Desa Siaga Aktif di Kelurahan Pelita dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat. Desa Siaga dikatakan sebagai desa siaga aktif apabila ada kegiatan yang melibatkan masyarakat, yang rutin dilaksanakan seperti Posyandu. Kegiatan tidak hanya terfokus pada Posyandu, tapi juga pada kegiatan lain yang melibatkan kerja sama masyarakat seperti penyakit-penyakit masyarakat, sampai bencana alam seperti kebakaran atau gempa bumi. Keluh kesah ataupun permasalahan yang ada di masyarakat dapat ditampung terlebih dahulu oleh kader, yang kemudian disampaikan dan dibahas untuk dipecahkan serta dicari jalan keluarnya secara bersama dalam pertemuan rutin setiap bulannya. Disampaikan pula bahwa kader merupakan peran penting dalam masyarakat yang diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk lebih aktif dan mandiri serta peduli terhadap kesehatannya secara pribadi maupun masyarakat sekitarnya.

Lurah Pelita Ence Izhar, SE sebagai pemegang kebijakan di wilayahnya menyambut dengan suka cita pembentukan Desa Siaga Aktif di Kelurahan Pelita. Selama ini kegiatan-kegiatan yang melibatkan kader dan masyarakat seperti Posyandu di Kelurahan Pelita sudah berjalan dengan baik, namun masih diperlukan pembinaan yang lebih intensif untuk dapat lebih meningkatkan D/S (D/S = jumlah balita yang datang / jumlah balita keseluruhan) di setiap Posyandu. Kelurahan bahkan berencana memperjuangkan anggaran PKK termasuk bantuan untuk Posyandu, dengan tujuan menjadikan Posyandu-posyandu yang ada di Kelurahan Pelita menjadi Posyandu Mandiri. Bapak Lurah Pelita juga menghimbau masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif peduli dan menyelesaikan masalah di wilayahnya, karena kegiatan ini merupakan kegiatan yang melibatkan masyarakat, dari masyarakat, untuk masyarakat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar