17 Feb 2016

TALK SHOW "DUKUNG PIN POLIO MENUJU ERADIKASI POLIO 2020"


Eradikasi polio adalah salah satu isu kedaruratan kesehatan masyarakat dan perlu disusun suatu strategi menuju eradikasi polio (Polio Endgame Strategy). Demikian yang disampaikan oleh dr.Slamet Soebagio pada Talk Show yang bertajuk "Dukung Indonesia bebas POLIO, Anak Indonesia Sehat dengan Imunisasi", Senin (15/2).

Bertempat di lokasi Pekan Raya Samarinda (PRS) yaitu GOR Segiri Samarinda dilaksanakan penyebarluasan informasi berkaitan dengan pentingnya imunisasi khususnya POLIO. PRS diselenggarakan pada tanggal 15-21 Februari 2016 dalam rangka HUT Kota Samarinda ke-348 dan HUT Pemkot Samarinda ke-56.

Disampaikan oleh dr. Slamet, imunisasi merupakan upaya pencegahan yang terbukti sangat memerlukan sedikit biaya. Banyak kematian dan kecacatan yang disebabkan oleh penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Pada bulan Mei 2012, WHA (World Health Assembly) mendeklarasikan  bahwa eradikasi polio merupakan salah satu isu kesehatan masyarakat dan harus dibuat strategi untuk mewujudkan eradikasi polio.

"Polio adalah pemberian imunisasi tambahan polio kepada kelompok sasaran imunisasi untuk mendapatkan imunisasi polio tanpa memandang status imunisasi yang dilakukan berdasarkan hasil evaluasi program dan kajian epidemiologi," ujar dr.Slamet yang merupakan Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Samarinda.

Pemberian Imunisasi Polio bertujuan memberikan perlindungan secara optimal dan merata pada kelompok umur 0-59 bulan terhadap kemungkinan munculnya kasus polio yang disebabkan oleh virus polio Sabin.

Imunisasi POLIO diberikan secara gratis untuk balita usia 0-59 bulan dapat diperoleh di Posyandu dan Puskesmas terdekat.

dr. Slamet mengungkapkan bahwa keberhasilan kegiatan ini memerlukan keterlibatan berbagai pihak terkait seperti Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, PKK, Kantor Agama dibawah koordinasi Dinas Kesehatan melalui jejaring kerja dengan pembagian tugas masing-masing untuk meningkatkan kelancaran penyelenggaraan Imunisasi Polio.


"Dengan kerjasama yang baik antara lintas sektor, diharapkan tercapainya eradikasi polio di dunia khususnya di Indonesia pada akhir tahun 2020", katanya. 








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar