28 Jan 2016

Satu Kapsul Vitamin A untuk Kesehatan Mataku dan Membuat Tubuhku Kuat

SEPUTAR PERTANYAAN SINGKAT TENTANG VITAMIN A
 
Apakah vitamin A itu?
Vitamin A adalah salah satu zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh yang berguna untuk kesehatan mata ( agar dapat melihat dengan baik ) dan juga untuk kesehatan tubuh ( meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan berbagai macam penyakit ). 

Berapakah jumlah dosis dalam sebuah kapsul Vitamin A, dan adakah perbedaan vitamin A yang diberikan kepada anak - anak?
Sebelum menjelaskan jumlah dosis yang terkandung dalam vitamin A, ada baiknya mengetahui perbedaan vitamin A ini. Ada dua jenis vitamin A yang diberikan kepada anak - anak. Kapsul berwarna biru dan berwarna merah. Dalam kapsul tersebut mempunyai kandungan dosis yang berbeda.

Kapsul berwarna merah :
ditujukan untuk balita usia mulai 1 sampai dengan 5 tahun, dengan kandungan dosis  dalam satu kapsul sebanyak 200.000 IU
Kapsul berwarna biru :
Kapsul berwarna biru ini diberikan kepada bayi pada usia 6 sampai dengan 11 bulan, dengan kandungan dosis didalam satu kapsul sebanyak 100.000 IU

Apa akibat dari kekurangan Vitamin A?
Anak - anak yang kekurangan vitamin A untuk jangka waktu yang lama akan mengakibatkan terjadinya gangguan pada mata. Anak - anak yang kekurangan vitamin A apabila tidak cepat mendapat asupan vitamin tersebut akan mengakibatkan gangguan pada mata yang salah satu dampak terburuknya adalah kebutaan, dan apabila terserang campak, diare ataupun penyakit infeksi lain maka bisa menyebabkan kematian.

Apakah ciri - ciri gangguan pada mata yang kekurangan vitamin A?
ciri - ciri awal adalah berkurangnya fungsi penglihatan pada waktu sore hari ( maghrib ) yang sering dinamakan "buta senja / rabun ayam". Bila tidak segera mendapat vitamin A, akan timbul bercak putih pada mata, lalu seluruh mata akan mengalami kerusakan, dan akhirnya mengalami kebutaan. Kebutaan ini tidak dapat disembuhkan kembali walaupun penderita menjalani operasi sekalipun ( berbeda dengan katarak atau mata minus / plus ).

bagaimana cara untuk mencegah kekurangan vitamin A serta adakah waktu terbaik dalam memberikan vitamin A tersebut pada anak - anak?
Vitamin A dapat diperoleh dari ASI ( Air Susu Ibu ) atau makanan yang berasal dari hewan ( susu, daging, hati, telur ) atau dari sayuran hijau serta buah berwarna merah atau kuning ( mangga, pepaya, wortel ). Tetapi dikarenakan anak - anak jarang makan sumber vitamin A tersebut, sedangkan vitamin A begitu penting maka anak harus mendapatkan kapsul vitamin A setiap 6 bulan ( Februari dan Agustus ) hingga anak - anak mencapai usia 5 tahun secara GRATIS.
Tidak terbayangkan bukan gelapnya dunia tanpa sempurnanya fungsi mata kita, sehingga untuk menjaga kesehatan mata anak - anak dan keluarga menjadi kewajiban kita semua sejak mereka balita sampai batas usia yang sudah ditentukan diatas. ingat untuk selalu datang ke puskesmas / posyandu terdekat dua kali dalam setahun pada bulan Februari dan Agustus 2016 ini untuk pemberian vitamin A.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar