1 Jan 2016


"KADER DESA, MENGABDI SEPENUH HATI"


Mariati Kader Kel. Sungai Kapih
Kec. Sambutan 
Nama       : Mariati
Kelahiran : Magetan, 17 Mei 1973
Alamat     : Jl. H. Marhusin Gg. Mandiri Kel. Sungai                           Kapih Kec.Sambutan

              Tahun 1997 Mariati merantau ke kalimantan dan tinggal dikelurahan  sungai kapih kecamatan sambuatan kota samarinda,  keadaan suasana pada saat itu masih hutan dan rawa, Mariati tinggal bersama keluarga sebagai ibu rumah tangga , ibu dua anak ini sangat aktif dalam mengikuti kegiatan RT-nya, tidak sengaja ia mendengar dan mengikuti kegiatan arisan di rumah warganya mengenai peran serta kegiatan PKK didesanya, berkat dukungan keluarga dan anak-anak mariati memberanikan diri untuk mengajukan ikut serta aktif dalam PKK, karena keaktifan itulah mariati aktif sebagai anggota PKK. Tahun 2000 mariati mulai melakukan kegiatan  PKK, sela waktu beberapa bulan setelah itu mulai juga membentuk dasawisma tingkat RT Kelurahan sungai kapih, ia bertekad untuk membantu warga supaya bisa merubah kehidupan terutama jadi seorang yang bisa menggerakkan dan memotivasi mereka. Sebagai seorang kader yang berada ditingkat paling bawah dan berada langsung ditengah-tengah masyarakat sebagai ujung tombak segala macam kegiatan dan informasi.



Kegiatan dasawisma ini tidak hanya sebagai pembentuk melainkan menggerakkan kader dan mendukung masyarakat dalam peran aktif masyarakat menambah pengetahuan dalam peningkatan sumber daya manusia yang optimal dan menumbuhkan masyarakat yang mandiri.  Pada awalnya ia ditingkat kelurahan sebagai Pengurus Pokja PKK kelurahan dan tahun itu juga naik sebagai pengurus inti (bendahara kelurahan PKK.), tahun 2005-2014 pengurus RT bagian administrasi bidang kebersihan dan lingkungan hidup, tahun 2008 ditunjuk sebagai anggota Pokja PKK kecamatan, tidak hanya itu juga memegang posyandu sebagai kader posyandu, kegiatan ibu selain kader posyandu, juga kader PHBS, kader jumantik, kecamatan  dan kota sebagai ketua faskel (fasilitator kebersihan lingkungan) pada tahun 2012, sekretaris forum “tepian” Faskel (fasilitator Kebersihan lingungkan tingkat kota) tahun 2013. Ketua KWT (kelompok wanita Tani) pada tahun 2011 sampai tahun 2015 ini dan 2015 menjabat sebagai ketua RT hingga tahun 2017.

Perjalanan mendapatkan pelatihan ini  awal dari dukungan PKK dan keluarga , motivasi yang tinggi sehingga mariati dipercaya dapat embankan tugas ini, pelatihan ini dari dinas perindustrian dan perdangan, dan koperasi, dinas kebersihan dan pertamanan, dinas pertanian, dinas perikanan, dan lain sebagainya. Sampai saat ini ada 5 kelompok dasawisma dan 3 yang aktif 3, tugas ini meliputi pendataan warga mengenai PUS, WUS, Ibu hamil, lansia, dan kesehatan lainnya. Selain pendataan kegiatan tersebut ada juga dibidang pemanfataan perkarangan seperti  menenam toga, sayur, buah dan lain sebagainya. Bidang  kegaamaan seperti kegiatan yasinan dan lain-lain. Bidang ekonomi mengenai UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) yakni macam-macam usaha masyarakat berupa pembuatan kerupuk, kue, amplang, sari kedelai dan lain sebagainya. Bidang sosial budaya, yakni kelompok habsi, penyuluhan, mengadakan berbagai tarian disaat meriahkan bulan agustus atau kegiatan lainnya. Sosial masyarakat sangat tinggi keakraban masyarakat masalah kemanan dan lain sebagainya selalau terjaga dengan baik.

Tantangan yang dihadapi mariati tersebut kelompok dasawisma ini, awalnya belum dipercaya sepenuhnya dan didukung  oleh ketua RT. Lalu kelompok Dasawisma ini ditunjukkan PKK mewakili kelurahan dan kecamatan dalam mengikuti lomba dasawisma sehingga dengan giatnya kelompok ini akhirnya mendapatkan berbagai prestasi, pada saat itu dasawisma dijalankan hanya 4 orang saja dan akhirnya menjadi 5 kelompok hingga saat ini.

Dana, yakni tentu saja swadaya masayarakat sehingga dana masyarakat sangat mendukung untuk membangun tingkat RT-nya tersebut.  Sepertinya jalan, drainase dan lain sebagainya dengan  masyarakat mampu membangunan sendiri. Untuk kelompok, tidak ada tantangan sendiri dalam menjalankan tugas sebagai kader, pada tahun 2014 pemerintah kota mulai membantu masyarakat setempat berupa pembangunan infrastruktur dan lain sebagainya.   

Tahun 2010 masyarakat  menggalang dana untuk membangunan posyandu, tahun 2012 posyandu RT tersebut diresmikan oleh bapak Nusyriwan dan dapat bantuan peralatan APE (Alat Permainan Edukasi) dari Paud provinsi. Sekretariatan dasawsima ini bersamaan dengan posyandu, setiap pertemuan diadakan diposyandu tertati putih ini. Selain itu masyarakat juga aktif dan rutinitas senam setiap minggunya dengan berbagai fasilitas yang dibangun oleh masyarakat seperti lapangan voli dan lain sebagainya.

Untuk menjadi seorang kader maupun pengurus dasawisma dan PKK kelurahan sangat susah sekali karena kurangnya kesadaran masyarakat untu berperilaku hidup sehat dan sesuai dengan aturan yang telah diundang-undangkan oleh pemerintah. Tapi dengan adanya pembentukan kader Dasawisma dan PKK, sedikit demi sedikit perilaku tersebut dapat diubah dengan adanya program kegiatan PKK serta Dasawisma yang berpola pada perbaikan kehidupan bermasyarakat mulai dari kesehatan, pendidikan dan juga peningkatan kehidupan dalam ekonomi, termasuk gerakan tim PKK dan dasawisma yang intens dan rutinitas melaksanakan pendataan keluarga sehingga keadaan masyarakat bisa diperoleh secara berkala dan berkesinambungan sehingga memudahkan untuk mencari solusi terbaik untuk peningkatan taraf hidup bermasyarakat. 

Prestasi yang telah dicapai

1.    Pada 2006 kegiatan dasawisma juara I tingkat kecamatan lomba dasawisma,                         mendapatkan juara  II lomba  kebersihan   tingkat kelurahan,
2.    Tahun 2007 juara I lomba kebersihan tingkat kelurahan,
3.    Tahun 2010 lomba HBS tingkat kota,
4.    Tahun 2012 lomba daswisma II tingkat kecamatan,
5.    Tahun 2013 lomba dasawisma juara I tingkat kecamatan,
6.    Tahun 2013 lomba HBS peringkat V tingkat kota samarinda (madya),
7.    Tahun 2013 juara I tingkat kecamatan lomba posyandu sehat,
8.    Tahun 2015 juara I HBS (madya) tingkat kota,
9.    Tahun 2015 juara I lomba rumah sehat. 









Tidak ada komentar:

Poskan Komentar