2 Apr 2013

Program Bidan Asuh di Puskesmas Sayang Ibu


Pelayanan kebidanan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan berfokus pada pelayanan kesehatan perempuan, bayi baru lahir dan anak dalam mewujudkan kesehatan keluarga yang berkualitas.

Dinas Kesehatan Kota Samarinda pada tahun 2012 membentuk Puskesmas Sayang Ibu, dimana kegiatan yang diunggulkan adalah program bidan asuh di 5 Puskesmas Sayang Ibu. 5 Puskesmas yang termasuk Puskesmas Sayang Ibu di Kota Samarinda yaitu Puskesmas Palaran, Puskesmas Trauma Centre, Puskesmas Sei Siring, Puskesmas Sei Kapih, dan Puskesmas Loa Bakung.

Program bidan asuh bertujuan agar bidan dapat memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada semua ibu dan anak sesuai standar kebidanan yang ada melalui tata kelola klinik yang baik dan upaya kunjungan rumah bagi ibu hamil yang ada di wilayah kerjanya. Dalam program bidan asuh ini seorang bidan bertanggung jawab atas kesehatan ibu hamil pada 5-6 RT (Rukun Tetangga) di Kota Samarinda.

Kesehatan ibu dan anak memang sudah selayaknya menjadi prioritas karena ibu dan anak adalah aset bangsa. Ibulah yang akan menjadi pendidik anak agar menjadi generasi berkualitas karena anak adalah generasi penerus yang masa depannya sangat ditentukan bagaimana kesehatannya, khususnya saat usia dini.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar