19 Nov 2012

Penjaringan Anak Sekolah oleh Puskesmas Sidomulyo


Anak usia sekolah merupakan sasaran yang strategis untuk pelaksanaan program kesehatan, karena selain jumlahnya yang besar, mereka juga merupakan sasaran yang mudah dijangkau karena terorganisir dengan baik.
Program pelayanan kesehatan di sekolah diutamakan pada upaya peningkatan kesehatan (upaya promotif) dan upaya pencegahan penyakit (upaya preventif). Upaya preventif antara lain dilaksanakan melalui kegiatan penjaringan kesehatan (skrining kesehatan) anak sekolah yang dilakukan Puskesmas Sidomulyo terhadap siswa kelas 1 Sekolah Dasar.

Puskesmas Sidomulyo melakukan penjaringan pada murid kelas 1 di seluruh Sekolah Dasar yang berada di wilayah kerjanya. Kegiatan penjaringan ini dilakukan pada bulan Oktober 2012.
Kegiatan penjaringan selain untuk mengetahui secara dini masalah-masalah kesehatan anak sekolah sehingga dapat dilakukan tindakan secepatnya untuk mencegah keadaan yang lebih buruk, juga untuk memperoleh data atau informasi dalam menilai perkembangan kesehatan anak sekolah, maupun untuk dijadikan pertimbangan dalam menyusun perencanaan, pemantauan dan evaluasi kegiatan UKS.

Tim kesehatan yang bertugas terdiri dari dokter umum, dokter gigi atau perawat gigi, perawat, bidan, dan petugas kesehatan lingkungan. Selain penjaringan, secara bersamaan dilaksanakan pula Imunisasi dalam rangka BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah), penyuluhan kesehatan, serta pemeriksaan lingkungan sekolah dan kantin.

sumber : Puskesmas Sidomulyo

Pemeriksaan Gigi Siswa
 
Pemeriksaan Telinga



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar