8 Okt 2012

Pelaksanaan Senam Ibu Hamil di Puskesmas Sidomulyo


Pembangunan kesehatan merupakan investasi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Indikator kesehatan yang menjadi bagian dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM), indikatornya dapat dilihat dari angka kematian bayi, angka kematian bayi, angka kematian ibu melahirkan, angka gizi kurang / buruk dan umur harapan hidup.

Secara fisik dan psikologis seorang ibu pada masa kehamilan akan mengalami perubahan. Perubahan kondisi fisik dan psikologis ibu selama masa kehamilan akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin. Perubahan yang terjadi selama masa kehamilan dapat disikapi melalui latihan fisik yang baik, benar, terukur dan teratur sesuai dengan fase kehamilan sampai menjelang persalinan dan selama nifas.
 
Masa-masa kehamilan adalah masa-masa yang menentukan bagi seorang perempuan,semua wanita ingin sekali bayi dalam kandungan sehat tanpa kekurangan sesuatu apapun. Pada ibu hamil sangat dibutuhkan tubuh yang sehat dan bugar, diupayakan dengan makan teratur, cukup istirahat dan olah tubuh sesuai takaran. Dengan tubuh bugar dan sehat, ibu hamil tetap dapat menjalankan tugas rutin sehari-hari, menurunkan stres akibat rasa cemas yang dihadapi menjelang persalinan.

Berdasarkan hal inilah, Puskesmas Sidomulyo melaksanakan kegiatan senam hamil sebanyak 3 (tiga) kali pertemuan yang dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober 2012.  Diterangkan oleh Pimpinan Puskesmas Sidomulyo dr.Ranirosanti peserta kegiatan senam hamil adalah ibu hamil dengan umur kehamilan 24 – 36 minggu sebanyak 15 orang. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Pertemuan Puskesmas Sidomulyo pukul 09.00 Wita s/d selesai, dengan instrukur senam Bidan Marselina dari Puskesmas Sidomulyo.

Jenis olah tubuh yang paling sesuai untuk ibu hamil adalah senam hamil, disesuaikan dengan banyaknya perubahan fisik seperti pada organ genital, perut kian membesar dan lain-lain. Dengan mengikuti senam hamil secara teratur dan intensif, ibu hamil dapat menjaga kesehatan tubuh dan janin yang dikandung secara optimal. Senam hamil adalah adalah terapi latihan gerak untuk mempersiapkan ibu hamil, secara fisik atau mental, pada persalinan cepat, aman dan spontan.

Dengan adanya kegiatan senam ibu hamil ini diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran jasmani ibu hamil sehingga dapat mengurangi resiko komplikasi akibat kehamilan, saat melahirkan maupun setelah melahirkan. Latihan fisik yang dilakukan selama kehamilan dan nifas dapat membantu dalam proses persalinan, mempercepat pemulihan kondisi ibu seperti sebelum hamil dan meningkatkan proses tumbuh kembang bayi yang dilahirkan, secara tidak langsung bermanfaat untuk menurunkan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi.

sumber : Puskesmas Sidomulyo


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar