29 Mei 2012

Tetap Semangat di Usia Lanjut


Penuaan adalah sebuah fenomena global. Pada tahun 2050 sekitar 80% orang tua akan hidup di negara-negara berkembang. Penuaan populasi terjadi secara paralel dengan cepatnya urbanisasi. Pada tahun 2007 lebih dari separuh populasi dunia tinggal di kota. Pada tahun 2030 angka itu diperkirakan akan meningkat menjadi lebih dari 60%.

Jumlah penduduk lanjut usia di Indonesia pada tahun 1990 sebesar 11,3 juta jiwa (6,4%) meningkat menjadi 15,3 juta (7,4%) pada tahun 2000. Diperkirakan pada tahun 2010 akan sama dengan jumlah anak balita yaitu sekitar 24 juta jiwa atau 9,77% dari seluruh jumlah penduduk. Pada tahun 2020 diperkirakan jumlah lansia akan meningkat menjadi 28,8 juta atau 11,34% dari total jumlah penduduk.

Dalam Peringatan Hari Kesehatan Sedunia tahun 2012 organisasi kesehatan dunia WHO memilih tema  "Penuaan dan Kesehatan" dan Depkes RI memilih tema nasional "Menuju Tua : Sehat, Mandiri, dan Produktif" sebagai pengakuan bahwa kesehatan merupakan faktor yang penting untuk menjadikan penuaan yang positif, dimana penduduk lanjut usia yang semakin meningkat memberi makna meningkatnya kesehatan global.

Perubahan demografi ini memiliki beberapa implikasi bagi kesehatan masyarakat. Kesehatan yang baik adalah kunci bagi lansia untuk bisa tetap mandiri dan memainkan peran dalam kehidupan keluarga dan di masyarakat. Promosi kesehatan dan kegiatan pencegahan penyakit sepanjang kehidupan dapat mencegah atau menunda timbulnya penyakit tidak menular dan penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, dan kanker. Oleh karena itu perlu adanya semangat, kepedulian, komitmen, dan aksi bersama untuk mengedepankan kesehatan lanjut usia. 

Orang tua yang sehat merupakan sumber daya bagi keluarga, masyarakat dan secara ekonomi. Tidak ada kata terlambat untuk mengubah perilaku berisiko untuk kesehatan : misalnya, risiko kematian dini menurun sebesar 50% jika seseorang berhenti merokok diantara umur 60 dan 75 tahun.

Kepedulian dan aksi yang dapat dilakukan oleh berbagai pihak untuk menciptakan suasana yang mendukung terjadinya perubahan kebijakan kesehatan dan perilaku lansia untuk tetap sehat dan produktif, yaitu :
1. Promosikan kesehatan dalam setiap siklus kehidupan
2. Ciptakan lingkungan ramah lansia yang mendorong kesehatan dan partisipasi aktif lansia
3. Sediakan layanan kesehatan yang ramah lansia
4. Tingkatkan peran serta lansia dalam pembuatan kebijakan publik ramah lansia
5. Pertimbangkan pandangan lansia dalam setiap pengambilan keputusan dalam pembangunan di setiap kegiatan
6. Sadari nilai kearifan lansia dan membantu mereka untuk dapat berpartisipasi secara penuh dalam kehidupan keluarga dan masyarakat

Tema Lansia dan Kesehatan difokuskan pada bagaimana kesehatan lansia yang baik dapat menambah usia dan memperpanjang kehidupan, sehingga memungkinkan mereka tidak hanya hidup lebih lama, tetapi juga dapat memperluas keterlibatannya secara aktif dalam semua kegiatan di masyarakat.

Selamat Hari Lanjut Usia Nasional, Ayo Tetap Semangat dan Produktif di Usia Lanjut!

sumber : Depkes RI


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar