16 Des 2011

Samarinda Menuju Kota Layak Anak


Penyampaian Materi Gizi bagi Kesehatan Anak Usia Sekolah oleh dr.Melliyani Agustini

Anak sebagai aset masa depan bangsa selayaknya mendapatkan hak-haknya termasuk hak mendapatkan gizi yang baik demi kesehatannya. Sehat yang dimaksud yaitu sehat secara jasmani dan sehat secara rohani. Kesehatan anak wajib diberikan oleh orang tua mulai dari dalam kandungan sampai anak tersebut dewasa.

Gizi yang baik didapatkan dari makanan yang sehat, dahulu dikenal dengan 4 sehat 5 sempurna namun sekarang disempurnakan menjadi gizi seimbang dimana makanan berguna sebagai sumber zat tenaga, pembangun, dan pengatur yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral.

Materi Gizi untuk Kesehatan Anak dan Remaja ini disampaikan oleh Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan Keluarga dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Samarinda dr.Melliyani Agustini dalam kegiatan Sosialisasi Samarinda menuju Kota Layak Anak (KLA) yang dilaksanakan di Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Sei Kunjang Kota Samarinda pada hari Kamis (15/12).

Disampaikan pula oleh dr.Melliyani mengenai pentingnya mencegah kehamilan dini pada usia remaja atau kurang dari 20 tahun beserta resikonya seperti anemia, bayi lahir kurang bulan, berat badan lahir rendah, serta perdarahan pada ibu hamil dan melahirkan.

Disaksikan oleh Sekretaris Camat Sei Kunjang Samlian Noor, Ketua TP PKK Samarinda Hj.Puji Syaharie Jaang mencanangkan Jam Wajib Belajar Anak dengan penyerahan kentongan secara simbolis kepada beberapa Tokoh Masyarakat di Kelurahan Karang Anyar.
Jam Wajib Belajar dimaksudkan membiasakan anak usia sekolah yaitu usia kurang dari 18 tahun untuk senantiasa berada di rumah dan beraktifitas untuk belajar pada jam 7-9 malam setiap hari sekolah, ditandai dengan pemukulan kentongan sebagai tanda dimulainya jam wajib belajar.

Pencanangan Jam Wajib Belajar ini sebagai rangkaian visi Kota Samarinda menuju Kota Layak Anak, dimana Samarinda sebagai ibukota propinsi Kalimantan Timur dipilih oleh Gubernur Kalimantan Timur H.Awang Faroek untuk digalakkan sebagai Kota Layak Anak.


Penyerahan dan Pemukulan Kentongan secara simbolis oleh Ketua TP PKK Samarinda Hj.Puji Syaharie Jaang

Pengarahan dari Ketua TP PKK Samarinda Hj.Puji Syaharie Jaang




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar