17 Okt 2011

Sehat Bersama Masyarakat dan Anak Sekolah

Kepala Dinas Kesehatan Kota Samarinda bersama Anak Sekolah dalam Kegiatan Cuci Tangan Pakai Sabun
 
Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPSS) 2011 setiap tanggal 15 Oktober dan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2011 tanggal 12 September – 29 Oktober 2011 dirayakan dengan meriah oleh Dinas Kesehatan Kota Samarinda bekerjasama dengan PT Askes Cabang Kota Samarinda, Minggu (16/10/2011) di Jalan Kesuma Bangsa Samarinda. 

Hadir dalam acara ini Keluarga Besar Puskesmas se-Kota Samarinda, anak sekolah di wilayah Puskesmas se-Kota Samarinda, Keluarga Besar PT Askes Cabang Kota Samarinda, serta diikuti pula oleh masyarakat yang sedang berada di sekitar Jalan Kesuma Bangsa Samarinda.

Perayaan Hari-hari Kesehatan ini dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan Peringatan Hari Kesehatan Nasional setiap tanggal 12 November 2011. Diawali dengan Senam Sehat diikuti oleh Anak Sekolah dan Masyarakat umum, perayaan dilanjutkan Penyuluhan Kesehatan Gigi oleh drg. Aprilia Lailati dari Perhimpunan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Kota Samarinda, Senam Cuci Tangan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Mulawarman (FKM Unmul), dan Cuci Tangan Bersama yang diikuti oleh seluruh anak sekolah yang hadir.

Peringatan HCTPSS dan BKGN 2011 diharapkan dapat menjadi momentum di kalangan masyarakat memulai dan memperluas budaya perilaku hidup bersih dan sehat dengan mandi dan menyikat gigi secara teratur, serta mencuci tangan memakai sabun dan air bersih yang mengalir. 

Dalam penyuluhan kesehatan gigi disampaikan cara menggosok gigi yang benar serta tips kesehatan seputar perawatan kesehatan gigi seperti menggosok gigi secara rutin minimal 2x sehari yang disimak dengan baik oleh peserta. Begitu pula dengan Senam Cuci Tangan disambut riang gembira oleh peserta dengan diiringi lagu ceria tentang mencuci tangan, sambil menggerakkan tangan mengikuti alunan musik. Mencuci tangan memakai sabun dilakukan pada lima waktu kritis yaitu sebelum makan dan menyiapkan makanan, sehabis buang air besar dan kecil, sebelum menyusui, mengganti popok bayi, dan setelah kontak dengan hewan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir.

Perayaan ini ditutup dengan pembagian paket makanan kecil untuk anak sekolah, games untuk anak sekolah, serta doorprize untuk seluruh peserta. 


Senam Sehat Bersama


Senam Cuci Tangan Anak Sekolah


Senam Cuci Tangan Anak Sekolah Dasar



Penyuluhan Kesehatan Gigi oleh PDGI Cabang Samarinda


Pemberian Doorprize


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar