22 Okt 2011

DKK Samarinda Peduli Balita Korban Kebakaran

Tim Kesehatan berfoto bersama korban kebakaran

Kebakaran yang terjadi pada Rabu (19/10/2011) malam di Jalan Pahlawan Gang 2 dan 3 Kelurahan Dadi Mulya Kecamatan Samarinda Ulu mengakibatkan kerugian bagi banyak pihak, terutama anak-anak. Hingga kemarin tercatat kurang lebih 70 orang sudah berobat ke Posko Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Samarinda, sebagian diantaranya adalah anak-anak. Hal inilah yang mendorong DKK untuk terlibat membantu meringankan beban dari korban kebakaran tersebut,khususnya balita.

Kegiatan yang diawaki Tim Siaga Bencana DKK Samarinda dengan diketuai oleh Suprianto dan Tim Gizi Masyarakat DKK Samarinda ini datang ke lokasi kebakaran pada hari Jum’at (21/12/2011) siang sekitar pukul 14.30 wita. Dengan didampingi oleh Tim Kesehatan dari Puskesmas Segiri yang berjaga di lokasi, Tim DKK Samarinda datang untuk memberikan lebih dari 50 paket Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) kepada para balita yang terdapat di lokasi kebakaran. 

“Rasa solidaritas yang tinggi ingin membantu meringankan beban korban kebakaran terutama balita, mengingat makanan yang mungkin diterima selama di posko pengungsian kurang memenuhi standar gizi yang seharusnya didapatkan oleh para balita, merupakan awal pemikiran terlaksananya kegiatan ini”, demikian yang diungkapkan Suprianto yang juga merupakan Kepala Seksi Pengendalian Wabah dan Bencana Dinas Kesehatan Kota Samarinda.

Lebih lanjut Suprianto mengungkapkan masih adanya kemungkinan tambahan bantuan MP ASI yang akan disalurkan mengingat cukup banyaknya balita yang terdapat di sekitar wilayah kebakaran yaitu RT 27, 28, 29, dan 30 Kelurahan Dadi Mulya Kecamatan Samarinda Ulu.

Diantara pasien yang tercatat berobat ke Posko Kesehatan, ditemukan hipertensi sebagai penyakit yang tertinggi serta psikosomatis dimana para korban kemungkinan mengalami trauma atas kejadian kebakaran yang menimpa mereka. Selain itu juga terdapat ISPA yang kebanyakan menyerang anak-anak, serta luka-luka akibat tertimpa reruntuhan bangunan pada saat terjadi kebakaran.



Pemberian MP-ASI kepada salah satu balita korban kebakaran


Beberapa balita yang ada di lokasi kebakaran

Korban luka akibat kebakaran









Tidak ada komentar:

Poskan Komentar