28 Jul 2011

Hari Ulang Tahun Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ke-61 “Bersama Dokter Kecil Menuju MDGs 2015”

Dokter kecil merupakan anak sekolah dasar yang dipilih untuk aktif menangani masalah kesehatan di sekolah. Karenanya diharapkan dokter kecil ini bisa menjadi agen perubahan dalam hal kesehatan.

Dokter kecil bisa menjadi pengenalan dini pada anak-anak dan merangsangnya untuk menularkan kebiasaan pola hidup sehat ke teman-teman dan keluarganya.  Dokter kecil ini dibentuk sebagai upaya strategis meningkatkan derajat kesehatan siswa usia sekolah dasar melalui pendekatan kelompok teman sebaya, sehingga bisa menjadi penggerak untuk hidup bersih dan sehat baik di lingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat.

UNICEF sendiri telah mengakui bahwa dokter kecil terbukti bisa menjadi agen perubah dalam menggerakkan budaya hidup sehat di komunitas sekelilingnya. Sedangkan di rumah, dokter kecil bisa menyampaikan pesan kesehatan seperti kepada orangtua. 

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang ke – 61 maka Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Samarinda mengadakan kegiatan Dokter Kecil Award Tahun 2011 dengan Tema “Bersama Dokter Kecil menuju MDGs 2015”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 27 Juli 2011 pukul 08.30 Wite bertempat  di Ruang Rapat Besar Fakultas Kedokteran Unmul, Kampus Gunung Kelua Samarinda. Peserta lomba adalah dokter kecil perwakilan dari 21 Puskesmas se-Kota Samarinda dan Puskesmas yang mengirim perwakilannya terdiri dari 17 Puskesmas.

Seleksi pertama dilakukan secara tertulis dari seleksi ini diperoleh 6 orang dokter kecil dengan nilai tertinggi untuk mengikuti seleksi berikutnya yaitu seleksi secara wawancara dan psikologi (IQ). Dari berbagai tahap seleksi ini maka diperoleh 3 orang dokter kecil sebagai pemenang Yaitu :
  1. Hadir sebagai Juara I adalah Amirul Hadi dari SD Al Azhar Syifa Budi.
  2. Hadir sebagai Juara II adalah Ilma Citra Amalina dari SDN 018 Samarinda Seberang.
  3. Hadir sebagai Juara III adalah Shafa Kamila Rivani dari SDN 026 Sungai Kunjang.
Tujuan dari pemilihan Dokter Kecil Award adalah  untuk menanamkan pemahaman dan kesadaran akan kesehatan sejak dini kepada anak-anak sehingga mereka menjadi generasi muda yang berperan sebagai kader kesehatan. Selain itu, tujuan lain dari kegiatan ini adalah menciptakan dokter kecil untuk menjadi garda terdepan dalam promosi kesehatan serta menjadi tauladan bagi teman-teman sekitarnya.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar