15 Jul 2011

Lomba Balita Sehat Kota Samarinda Tahun 2011


Anak adalah asset bangsa yang sangat berharga dalam menentukan kelangsungan hidup, kualitas dan kejayaan suatu bangsa di masa yang akan datang. Untuk menjadi asset bangsa yang berharga, anak mempunyai hak dan kebutuhan hidup yang perlu dipenuhi yaitu hak dan kebutuhan akan makan dan zat-zat gizi, kesehatan, bermain, kebutuhan emosional, pengembangan moral, pendidikan serta memerlukan lingkungan keluarga dan lingkungan sosial yang mendukung bagi kelangsungan hidup, tumbuh kembang dan perlindungannya.

Lomba Balita Sehat tahun 2011 merupakan salah satu program pragmatis yang telah berjalan selama 24 tahun dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia melalui upaya pembinaan dan pengembangan kesehatan dan kesejahteraan Balita yang dimulai sejak dini, sehingga tercipta proses tumbuh kembang yang optimal.

Lomba balita Sehat Se-Kota Samarinda Tahun 2011 dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Samarinda pada tanggal 14 juli 2011 bertempat di gedung PKK Kota Samarinda, yang diikuti oleh 10 peserta bayi usia 0 – 24 bulan dan 10 peserta balita usia 2 – 5 tahun. Peserta lomba adalah bayi dan balita yang berasal dari pemenang pertama di tingkat kecamatan Kota Samarinda.

Dalam kegiatan Lomba Balita Sehat Se-Kota Samarinda ini Kepala Dinas Kesehatan Kota Samarinda yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Samarinda Bpk.drg.H.Rustam,Msi menyampaikan bahwa kegiatan promotif Lomba Balita Sehat ini merupakan langkah untuk memacu orang tua agar pembinaan dan pengembangan anak mendapat perhatian yang sepenuhnya karena pentingnya pembinaan dan pengembangan anak dimulai sedini mungkin dan dilakukan secara berkesinambungan. Sambutan lain juga disampaikan oleh Wakil Ketua Penggerak PKK ibu Ir. Hj. Sri Lestari beliau menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan Lomba Balita Sehat ini dapat meningkatkan kesadaran dan kemandirian masyarakat dalam upaya pembinaan dan pengembangan kesehatan dan kesejahteraan balita, khususnya orang tua dalam membina tumbuh kembang secara optimal.

Penilaian Lomba Balita Sehat Se-Kota Samarinda terdiri dari seleksi administrasi dan pemeriksaan kesehatan oleh dokter umum, dokter gigi, ahli gizi dan psikologi. Untuk kategori bayi usia 0 – 24 bulan juara III diraih oleh Muh. Nabil Arasy mewakili Kec. Sambutan, juara II oleh M. Sirris Sigti mewakili kecamatan Samarinda Seberang dan juara I oleh Aisyiyah Aqilah yang mewakili kecamatan Palaran. Untuk kategori Balita Usia 2 – 5 tahun juara III diraih oleh Rasya Rachman mewakili kecamatan Sambutan, juara II oleh Nur Chintya Sari mewakili Kecamatan Sungai Kunjang dan juara I oleh Qanita Asyla yang mewakili kecamatan Samarinda Utara. Juara I dalam Lomba Balita ini akan mewakili Kota Samarinda pada Lomba Balita Sehat di tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

Selanjutnya Acara ini diakhiri dengan Pemberian trophy kepada para pemenang oleh Wakil Ketua Penggerak PKK ibu Ir. Hj. Sri Lestari dan Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Samarinda Bpk.drg.H.Rustam. Dengan melalui LBS ini diharapkan dapat menggugah kita semua agar memiliki kepedulian untuk bekerja lebih keras lagi di dalam pembinaan generasi bangsa yang lebih berkualitas.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar