19 Mei 2011

"Sosialisasi dan Pelatihan PHBS bagi PKK dan Kader Posyandu di Puskesmas Sempaja"


Perilaku merupakan penyebab masalah kesehetan terbesar yang mempengaruhi derajat kesehatan. PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan dapat berperan aktif dalam kegiatan–kegiatan kesehatan di masyarakat.

Sosialisasi dan Pelatihan PHBS bagi PKK dan Kader Posyandu yang dilaksanakan oleh Puskesmas Sempaja  Kelurahan Sempaja Utara  Kecamatan Samarinda Utara ini dihadiri oleh 60 peserta, kegiatan ini bertujuan untuk melatih para kader tentang PHBS, apa dan bagaimana upaya dalam melakukan PHBS, yang selanjutnya agar dapat memberikan informasi kepada masyarakat di sekitar tempat tinggalnya.

Hadir sebagai pembicara dalam acara tersebut adalah Kasi Promkes Dinas Provinsi Kaltim  Bpk. Abdul Ajim Heffeni, SKM.M.Kes dan ketua PKK Kota Samarinda Ibu Hj. Puji Setyowati, SH, M.Hum, mereka menyampaikan pentingnya menerapkan  PHBS.  Untuk  mewujudkannya diperlukan kerja sama dari berbagai pihak  dengan masyarakat. Penerapan PHBS dimulai dari yang paling dasar yaitu dari lingkungan rumah tangga sehingga secara langsung akan mempengaruhi lingkungan masyarakat di sekitarnya untuk menerapkan PHBS.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan penerapan PHBS di lingkungan masyarakat sehingga secara langsung akan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. 
  




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar